Aktor Hengky Solaiman Meninggal Dunia

Henky Solaiman meninggal dunia. Foto: Instagram/opahenky

Jakarta, Talamedia.id – Kabar duka datang dari dunia sinetron Indonesia. Aktor senior Hengky Solaiman dikabarkan meninggal dunia. Berdasarkan informasi dirinya wafat pada Jumat 15 Mei 2020, pukul 16.40 WIB di rumahnya.

Kematian mengenai dirinya ramai dibicarakan di media sosial Twitter.

Diketahui, aktor kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 30 Agustus 1941ini divonis menderita kanker usus.

Bahkan, pada awal tahun 2020 dirinya pun akhirnya mundur dari sinetron ‘Dunia Terbalik’ yang dibintangi beberapa tahun terakhir ini.


Henky Solaiman, adalah seorang produser, pemeran, dan sutradara. Di film-filmnya ia jarang sekali tampil sebagai peran utama. Di era 1980-an, ia mempercayai filmnya yang kebanyakan dimainkan oleh Meriam Bellina.

Awalnya, terjun ke industri hiburan, Henky belajar seni peran pertama kali di Akademi Theater nasional Indonesia di Yogyakarta yang kini telah bubar. Di sini ia berjumpa dengan teman-temannya yang kelak menjadi rekan kerjanya seperti Teguh Karya, Wahab Abdi, Pietradjaja Burnama, dll.

Ketika Teater Populer HI dibentuk, Henky pun ikut terlibat aktif di dalamnya. Setelah Teguh Karya dan banyak seniman teater lainnya mulai terjun ke dunia layar perak, Henky pun beralih dari dunia teater.

Setelah suskes di dunia teater dirinya mulai merambah ke dunia perfilmn dan membintangi banyak film dan sinetron.

Probo Agung Laksono
Reporter