Parasite Mencetak Sejarah Baru di Oscar

Scene dari film Parasite. | Neon Dok: vox.com

Bandung, talamedia.id – Film Parasite, telah memenangkan Oscar film internasional terbaik di 92nd Academy Awards, film Asia pertama yang melakukannya. Itu adalah favorit panas untuk penghargaan, tetapi harus mengalahkan pesaing termasuk memoar pertengahan Pedro Almodóvar Pain & Glory, dan drama komentar sosial Prancis Les Misérables.

Disutradarai oleh Bong Joon-ho, Parasite adalah komedi-thriller tentang keluarga yang susah yang menyusup ke kehidupan yang lebih kaya. Ini mengikuti dua keberhasilan Bong dalam (kebanyakan) pembuatan film berbahasa Inggris: Snowpiercer dan Okja.



Menyinggung perubahan nama kategori – dari film berbahasa asing terbaik ke film internasional terbaik – Bong mengatakan: “Saya memuji dan mendukung arah baru yang dilambangkan oleh perubahan ini.” dikutip dari The Guardian. Dia menambahkan: “Saya sangat siap minum malam ini sampai pagi berikutnya.”

Parasite memenangkan Palme d’Or di festival film Cannes pada Mei 2019, dan sejak itu telah menjadi perhatian utama di sirkuit penghargaan, memenangkan serangkaian hadiah termasuk Bafta dan Golden Globe untuk film terbaik yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

“Saya tak bisa berkata-kata. Kami tak pernah membayangkan hal ini terjadi. Saya merasa sangat beruntung. Saya berterima kasih kepada the Academy untuk membuat keputusan ini,” kata Produser Parasite, Kwak Sin-ae kepada CNN Indonesia.

Story Film Parasite

Dalam Oscar 2020, Parasite membawa pulang empat piala yakni Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature dan Best Director.

Parasite merupakan film satire yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga, Park dan Kim. Secara perlahan, satu per satu anggota keluarga Kim bekerja di kediaman Park.

Hubungan keluarga Park dan Kim berkembang secara kompleks dan saling membahayakan. Meski demikian, Bong Joon-ho tak lupa menambahkan unsur humor dalam film tersebut.

Official Trailer Film Parasite dari kanal IGN

Parasite film produksi CJ Entertaiment yang ditulis dan disutradarai oleh Bong Joon Ho berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Academy Awards atau yang akrab dikenal dengan piala Oscar.

Parasite berhasil menulis sejarah baru dalam peta sinema dunia sebagai film pertama yang bukan berbahasa inggris dalam kategori utama best pictures sekaligus dalam kategori best foreign film. Sutradara Bong Joon Ho juga berhasil menyabet gelar sutradara terbaik serta penghargaan untuk skenario asli terbaik.

Dilansir dari Vox.com melakukan telponkepada Kyung Hyun Kim, seorang profesor studi visual dan Asia Timur di University of California Irvine, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dikatakan Parasite tentang Korea Selatan hari ini. Sederhananya, gambarnya sangat suram.

Dok: IMDB.com

“Hal terbesar di Korea adalah fenomena ‘sendok emas versus sendok kotoran’,” katanya kepada saya. “Pada dasarnya, jika kamu tidak dilahirkan dengan sendok emas, jika kamu sebenarnya tidak dilahirkan dengan uang, maka kamu tidak akan pernah punya uang. Ada semacam fatalisme yang sedang terjadi. ”

Kim menambahkan bahwa Parasite bergabung dengan daftar film Korea yang sukses tentang ketidaksetaraan dan menurunnya standar hidup pekerja, yang hingga beberapa dekade lalu menikmati karier yang sukses.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter