Telkom akan Buka Blokir Netflix?

App Netflix di Apple Store. Foto: Techspot

Jakarta, Talamedia.id – Kabar nasib blokir Netflix mencuat lagi, kali ini dengan nada positif. Beredar kabar Netflix akan dibuka blokirnya pekan ini.

Ada kabar beredar bahwa Telkom Group akan memberikan kejutan yaitu membuka blokir Netflix pada semua layanan milik perusahaan plat merah tersebut, termasuk bisa diakses di jaringan Telkomsel.

Dikutip dari detikINET kemudian menanyakan hal itu kepada VP Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Prabowo.

“Kita tunggu saja ya. Nanti saatnya akan disampaikan,” ucapnya, Selasa (1/7/2020).

Nada yang sama juga diungkapkan oleh General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim terkait kabar mengejutkan ini.

“Akan disampaikan pada saatnya nanti ya,” kata Aldin.

Pernyataan di atas ini terbilang menarik. Sebab bila dilihat sebelumnya, bila ada isu pembukaan blokir Netflix ini, Telkom Group selalu mengatakan ‘layanan Netflix belum bisa diakses’ atau ‘masih dalam pembicaraan’.

Sebagai informasi, Telkom menutup akses Netflix di jaringan IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel, sejak pengumuman ekspansi Netflix ke Indonesia pada awal 2016 silam sampai sekarang.

Dalam beberapa kesempatan terakhir, perusahaan BUMN ini mengakui bahwa mereka sedang dalam proses pembicaraan dengan Netflix tersebut.

Akan tetapi, Telkom memberi sinyal agar Netflix terlebih dahulu mematuhi peraturan yang berlaku, salah satunya soal take down konten untuk menjamin kenyamanan pelanggan.

Kabar mengenai kerja sama Telkom dan Netflix mulai berembus pada akhir April 2020, menyusul penutupan Hooq.

Layanan streaming video asal Singapura tersebut merupakan mitra Telkom dan salah satu pesaing Netflix di wilayah Asia Tenggara. Sementara layanan streaming film iFlix mengkonfirmasi diakuisisi oleh Tencent asal China.

Dilansir dari Kumparan, Isu kerja sama dengan Netflix tersebut telah diamini oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro. Dalam sebuah webinar yang diselenggarakan Tempo pada 11 Juni 2020, ia merepetisi pernyataan Telkom yang tengah dalam pembicaraan serius dengan Netflix.

Setyanto menjelaskan, blokir Netflix yang dilakukan Telkom Group sejak 2016 disebabkan oleh persoalan etis. Pada saat itu ada beberapa hal terkait kebijakan konten yang tidak disepakati oleh perusahaan asal AS tersebut.

Sekarang, Netflix disebutnya telah banyak melakukan perubahan yang positif terhadap pasar Indonesia. Perubahan itulah yang kemudian menjadi pertimbangan Telkom Group untuk lebih serius melakukan pembicaraan dengan Netflix.

“Sekarang kita melihat Netflix sudah berubah, sudah banyak sekali berubah, parental control-nya lebih baik. Kemudian, Netflix sudah mau bekerja sama dengan produsen-produsen konten lokal. Kemudian, ada take down policy yang jauh lebih baik dibandingkan dulu,” kata Setyanto saat itu.

“Intinya, sekarang kita sedang dalam proses secara serius untuk berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari jaringan Telkom Group.”

Probo Agung Laksono
Reporter