Kenapa Podcast Semakin Ramai?

Dok: anchor.fm

talamedia.id –  Iklim podcast saat ini jauh berbeda seperti saat saya memulainya dulu ditahun 2017an dengan Podcast Tengah Malam yang ngebahas tentang teknologi direkam tengah malam, tapi baru 2 episode rasanya lelah juga buat riset ini itu haha, waktu itu podcast pertama yang saya denger di 2016 ada podcast awal minggu dari komedian Adriano Qalbi yang akhirnya setahun kemudian saya bisa temui untuk interview di podcast terbaru saya, Podcast Ngobras di jalan.

Oktober lalu, daily social meluncurkan sebuat survei tentang pendengar podcast sepanjang tahun 2018 hasilnya? ternyata sudah banyak orang yang mendengarkan podcast di platform tertentu dengan alasan yang cukup beragam.

Saya pribadi beralih lebih baik mendengarkan podcast karna…Jujur, saya sedikit kecewa dengan radio, dulu saya sepulang sekolah selalu dengar radio karna personality si penyiarnya juga konten yang dibawakan si penyiar. Kalau dibandingkan sekarang, Intensitas penyiar bicara sama iklan dan lagu justru sangat jauh, penyiar cuma punya waktu sedikit untuk bicara malah sering sekali dipotong lagu dan iklan padahal kita kalau mau denger lagu kan bisa lewat spotify/joox bahkan bisa lewat youtube ya.

Anchor.fm

Platform podcast, merupakan seperti sebuah cahaya ditengah kegelapan, platform ini memudahkan para podcaster untuk mengunggah karyanya dan didistribusiin ke 10 Platform audio! termasuk spotify, apple podcast, google podcast dan lainnya. kalau sebelum anchor muncul, biasanya podcaster mengunggah karyanya lewat soundcloud yang mempunyai masalah dengan batasan waktu unggahnya hanya 180 menit mau lebih dari itu kita harus berlangganan sekitar 1.5jtan pertahun, maka itu.. Anchor yang jadi solusi!

Di negeri paman sam sana tempat lahirnya platform ini, kita sudah bisa me-monetize konten podcast kita dengan mudah, biar fitur ini cepat masuk ke Indonesia bantu dukung isi formnya disini

Konten yang variatif, podcast yang dulu bukanlah yang sekarang mulai dari bahas makanan, kehidupan berkeluarga, sepakbola, musik dan lain-lain jadi alasan kenapa orang sekarang lebih baik mendengarkan podcast apalagi lebih mudah aksesnya kalau lagi diperjalanan seperti di bis/kereta/mobil.

Probo Agung Laksono
Reporter