7 Wisata Terbaik di Bandung 2020

Floating market Lembang. Dok: Shutterstock

 

Talamedia.id – Kota Bandung tak hanya dikenal sebagai pusat fashion di Indonesia, tapi juga terkenal akan keindahan alamnya. Kota ini termasuk salah satu kota wisata di Indonesia yang selalu ramai akan wisatawan. Terlebih lagi kalau musim liburan tiba. Yang datang tak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing pun penasaran dengan deretan wisata Bandung.

Alternatif yang tersedia bisa dibilang cukup komplet. Teman Traveler bisa memilih destinasi alam, buatan, hingga memanjakan lidah dengan berwisata kuliner. Bagi kalian yang berencana menghabiskan akhir tahun ini di Kota Kembang, berikut Travelingyuk sajikan deretan pilihannya.

1. Museum Geologi

Museum Geologi Bandung Tiket dan Aktivitas Seru. Foto: IdeTrips

Bagi Teman Traveler yang tak punya bujet terlalu banyak, jangan khawatir. Bandung masih punya sejumlah tempat seru dengan tiket terjangkau atau bahkan gratis. Salah satunya adalah Museum Geologi.

Bangunan bersejarah ini terletak di kawasan Diponegoro. Sembari berjalan-jalan santai, Teman Traveler bisa mempelajari beragam fakta dan pengetahuan menarik seputar sejarah geologi di Indonesia. Mulai dari zaman dinosaurus, manusia purba, hingga era modern, semuanya disajikan dengan menarik dan tidak membosankan.

Museum Geologi sangat mudah dijangkau dari berbagai sudut kota. Naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi takkan jadi masalah. Tiket masuknya juga termasuk murah, hanya sekitar 2-3 ribu rupiah saja. Pengecualian untuk turis asing, yang dipatok biaya masuk 10 ribu rupiah.

2. Kebun Teh Pengalengan

Kebun Teh Pengalengan. Dok: Shutterstock

Wisata Bandung satu ini pas untuk Teman Traveler yang ingin mencari suasana tenang, sembari duduk mengagumi panorama alam. Atmosfer yang ditawarkan di sekitar area Kebun Teh Pengalengan sungguh syahdu. Kualitas udaranya juga bagus, sangat segar dan membuat tubuh rileks.

Mengunjungi lokasi bakal terasa lebih berkesan jika bersama pasangan atau sosok terkasih. Namun datang sendirian pun tak ada salahnya, sebab keindahan alam akan selalu terasa mempesona meskipun hanya dinikmati seorang diri.

3. Situ Cileunca

Situ Cileunca, Pangalengan. Dok: Shutterstock
 

Tak salah rasanya jika banyak orang menjuluki Bandung sebagai kota romantis. Ada banyak destinasi yang menawarkan atmosfer magis nan menghipnotis. Mengajak serta keluarga atau sosok terdekat bakal memberikan pengalaman liburan tak terlupakan.

Salah satu lokasi romantis yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Situ Cileunca. Sama sepert Kebun Teh Pengalengan, nuansa natural terasa sangat kental di sini. Kalian bisa berjalan-jalan santai sembari mengagumi indahnya pemandangan sekitar.

Musim hujan bukan halangan untuk datang ke Situ Cileunca. Kabut yang tercipta di sekitar lokasi bakal memberikan atmosfer magis yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Pas sekali untuk dijadikan latar belakang berfoto.

Jika sudah puas berjalan-jalan, Teman Traveler bisa menjajal beragam kegiatan seru di Situ Cileunca. Selain kemping, kalian juga bisa berarung jeram atau trekking. Tiket masuk ke kawasan ini cukup murah, hanya di kisaran 2,5 ribu rupiah.

4. Stone Garden

Matahari terbenam di Stone Garden. Dok: Shutterstock

Kekayaan Indonesia memang begitu luar biasa. Tak hanya pemandangan indah, sejumlah situs sejarah pun bertebaran di seluruh Nusantara. Salah satunya ada di Bandung, tepatnya di Gunung Pawon, Kampung Girimulya.

Puncak Gunung Pawon memiliki sejumlah formasi bebatuan unik, yang diyakini sebagai tempat tinggal manusia purba atau nenek moyang orang Sunda pada zaman dahulu kala. Tempat ini sekarang dikenal sebagai Stone Garden atau Taman Batu, dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan turis.

Pastikan Teman Traveler berhati-hati saat mengunjungi Taman Batu. Gunakan pakaian dan bawalah peralatan yang dibutuhkan untuk menjaga keselamatan. Jangan sampai lalai karena terlalu fokus mencari spot menarik untuk berfoto.

5. Floating Market Lembang

Floating Market, Lembang, Bandung. Foto: traveloka.com 

Siapa bilang pasar apung hanya ada di Kalimantan, Sumatra, atau Thailand. Bandung pun ternyata punya tempat khusus di mana para pedagangnya berjualan di atas kapal. Destinasi yang dimaksud adalah Floating Market Lembang.

Sesuai namanya, Floating Market berada di kawasan tempat wisata Bandung Lembang. Lokasi ini tergolong anyar karena baru dibuka pada 2012 lalu. Pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan sekitar, sembari mencoba beragam kuliner lezat yang ditawarkan para penjaja.

Selain makanan kecil atau camilan, Floating Market Lembang juga menawarkan beragam makanan berat. Rata-rata harga sajian di sini berkisar antara 5 hingga 35 ribu rupiah. Tiket masuknya juga tak terlalu mahal, hanya sekitar 10 ribu rupiah dan bisa ditukarkan dengan minuman selamat datang.

6. Farmhouse Lembang

Panorama Kebun Teh Pengalengan. Dok: Shutterstock

Selain Grafika Cikole, nuansa ala Eropa juga bisa Teman Traveler dapatkan di Farmhouse Lembang. Demi menghadirkan nuansa unik, pengelola mendirikan sejumlah bangunan dengan mengambil inspirasi bangunan khas Eropa Abad Pertengahan. Namun sesuai namanya, lokasi ini sejatinya adalah peternakan dan pusat pengolahan susu.

Kebanyakan pengunjung datang ke Farmhouse Lembang untuk berfoto-foto. Namun selain itu Teman Traveler bisa menikmati beragam petualangan asyik di Rumah Hobbit dan Pettin Zoo aias kebun binatang mini. Setelah lelah berjalan, kalian bisa duduk santai sembari menikmati sosis bakar atau susu segar.

7. Dusun Bambu

Pemandangan di Dusun Bambu. Dok: Shutterstock

Padatnya kegiatan kantor atau studi selama sepekan kadang bisa membuat pikiran penat. Jika terlalu lama dibiarkan, tubuh dan otak bisa jadi stress. Salah satu solusi terbaik adalah berwisata di akhir pekan dan merilekskan diri dalam pelukan pesona alam.

Hal tersebut bisa Teman Traveler lakukan di Dusun Bambu. Destinasi di kawasan Kertawangi, Bandung Barat ini menawarkan atmosfer tenang – pas untuk bersantai dari hiruk pikuk kota. Lokasinya juga tergolong baru, diresmikan pada 2014 silam.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah, Teman Traveler sudah bisa merasakan beragam keseruan di dalam Dusun Bambu. Selain restoran ala saung dekat danau, pengunjung juga bakal dimanjakan oleh restoran, villa, dan pasar khatulistiwa. Pas sekali dijadikan destinasi liburan bersama keluarga maupun sosok terdekat di akhir pekan.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter