Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Virus Corona COVID-19

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus corona. Dok: Getty Images

Bandung, Talamedia.id – Pandemi Virus Corona COVID-19 telah menginfeksi ratusan ribu orang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Berbagai pihak telah mensosialisasikan soal cara-cara pencegahannya, termasuk Google.

Google memasang COVID-19 Alert di halaman utamanya dengan headline ‘Lakukan 5 Hal ini untuk Bantu Cegah Virus Corona’. Alert Google ini akan secara otomatis melakukan pencarian untuk cara-cara pencegahan virus corona yang bisa dilakukan.

Sebelum Google, World Health Organization (WHO) sudah lebih dulu mengimbau masyarakat untuk melakukan beberapa hal untuk pencegahan. Berikut adalah rinciannya:



Total kematian yang disebabkan virus ini mencapai 47.235 di seluruh dunia. Kematian tertinggi ada di Italia dengan 13.155 orang dengan Spanyol 9.387 kematian, dan Perancis dengan 4.032 kematian. Jumlah pasien yang sembuh mencapai 193.764, menurut data dari John Hopskins CSSE dilansir dari tirto.id.

Virus corona COVID-19 menyebar dengan cepat dari orang ke orang melalui tetesan bersin atau batuk yang keluar dari orang dengan infeksi COVID-19.

Alert Virus Corona di Google. Dok: Google

WHO: Lakukan lima 5 ini demi mencegah penyebaran Covid-19

  1. Cuci Tangan dengan Sabun
    Cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol dapat membunuh virus yang mungkin menempel di tangan Anda. Cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik hingga bersih.
  2. Lakukan Physical Distancing
    Seperti yang sudah dilakukan di banyak negara, melakukan physical distancing menjadi cara paling efektif untuk menghindari penularan COVID-19. Pertahankan jarak setidaknya 1 meter dengan siapa saja.
  3. Jangan Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut
    COVID-19 menular melalui droplet yang menempel di berbagai permukaan. Ketika tangan menyentuh permukaan tersebut, virus bisa masuk dari mata, hidung, atau mulut. Ini alasan mengapa WHO mengimbau untuk rajin mencuci tangan.
  4. Etika Bersin dan Batuk
    Ketika bersin atau batuk, sebaiknya Anda tutup menggunakan siku, bukan dengan tangan. Jika menggunakan tisu, langsung dibuang begitu selesai dipakai. Ingat, tetesan yang keluar saat bersin atau batuk dapat menyebarkan virus.
  5. Tetap di Rumah
    Tetap berada di rumah, terutama jika sedang sakit. Jika mengalami gejala COVID-19 seperti demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas, segera mencari pertolongan dari petugas medis. Lakukan isolasi diri dan ikuti perintah dari otoritas kesehatan.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter