Nicholas Saputra: Jatuh Cinta Pada Akting

Nicholas Saputra selaku produser film Semesta saat Media visit film Semesta di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa(28/1/2020).Foto: KOMPAS/ DIENDRA THIFAL RAHMAH

Jakarta, Talamedia.id – Perbincangan sineas Mira Lesmana dengan aktor Nicholas Saputra di akun instagram Miles Film rupanya mengungkapkan fakta menarik tentang sang aktor.

Nicholas Saputra banyak bercerita tentang impian dan perjalanan kariernya di industri perfilman Tanah Air.

Nico juga menjawab rasa penasaran publik tentang Instagram miliknya yang tidak ada satupun terpajang foto wajahnya.



Dilansir Kompas.com merangkum fakta menarik tentang Nicholas Saputra sebagai berikut:

1. Cita-cita Nicholas sebelum jadi aktor

Nicholas Saputra rupanya memiliki impian lain sebelum menjadi seorang aktor seperti saat ini. Sewaktu kecil, Nico mengaku ingin menjadi seorang atlet.

“Sebenernya dari kecil mau jadi atlet. Terobsesi ingin jadi atlet dari kecil karena aktivitas luar ruangan jadi macam-macam,” kata Nico seperti dikutip Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Sayangnya, cita-cita itu tidak terwujud karena Nicholas Saputra harus fokus pada sekolahnya.

“Ingin jadi pemain tenis, perenang, bulu tangkis, tapi enggak dibolehin waktu itu pokoknya sekolah,” ujar Nicholas Saputra.

Kemudian, pemeran Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta? itu juga sempat berkeinginan untuk menjadi seorang pemain saksofon.

“Kebetulan sebenarnya bukan tipe yang rajin banget belajar, terus enggak ikut kegiatan di luar, enggak juga sih. Sempet mau jadi musisi juga saxophonist,” ujar Nico.

Sayangnya, Nicholas Saputra kembali harus ikhlas melepas impiannya menjadi pemusik.

“Sempat belajar saksofon, gue SMP dapet kaset musik jaz, wah gila kalau bisa main alat tiup tuh keren banget rasanya, gagal juga,” kata Nico.


2. Tidak pernah unggah foto wajah

Artis peran Nicholas Saputra mengungkapkan alasannya tidak pernah mengunggah foto diri sendiri di akun Instagram miliknya.

Instagram Nico memang dipenuhi dengan pemandangan keindahan alam. Saat berbincang dengan sineas Mira Lesmama di akun instagram Miles Film, Nico mengatakan, dia menganggap Instagram sebagai tempat menyimpan hasil fotografinya.

“Instagram seperti yang kita tahu sebagai platform masukin hasil fotografi selama jalan-jalan,” ucap Nico seperti dikutip Kompas.com, Senin (27/4/2020).

“Dan waktu itu yang nge-like udah seratus seneng banget, terus masuk populer, ya memang begitu saja. Platform yang gue tahu dan menurut gue cocok untuk itu,” ujarnya melanjutakan.

Nico tidak pernah memajang foto dirinya karena sudah pasti foto itu bukanlah hasil karyanya sendiri. Lagi pula, bintang film Gie itu rupanya merasa risih saat harus memilih foto dirinya sendiri untuk diunggah ke Instagram.

“Enggak ada (foto diri sendiri) karena bukan fotografinya gue. Terus yang kedua gue suka aneh sih, Mbak. Aneh milih foto sendiri yang paling bagus yang mana ya,” tutur Nico.

“Sebuah kegiatan yang risih gitu, milih foto itu buat gue sesuatu yang aneh, ya sudah bablasin saja,” lanjutnya.

Sebelumnya, Nicholas Saputra pernah mengunggah foto selfie atau swafoto pertamanya di akun Instagram-nya, @nicholassaputra, Rabu (17/4/2019).

Pada swafoto langka tersebut, Nico tersenyum tipis ke arah kamera sembari menunjukkan jari kelingkingnya yang telah tercelup tinta ungu.

Pada keterangan foto, Nico mengatakan, swafoto itu untuk memenuhi janjinya setelah melihat antusiasme rakyat Indonesia menunjukkan bukti telah menggunakan hak suaranya.



3. Jatuh cinta pada akting

Aktor Nicholas Saputra menceritakan momen ketika dirinya merasa jatuh cinta pada dunia akting untuk kali pertama.

Nicholas Saputra mengenang kembali saat dirinya bermain film Ada Apa Dengan Cinta? ( AADC?).

“Pertama kali gue memutuskan syuting AADC? kan SMA kelas 2. Jadi, waktu itu rasanya belum tahu lah ingin saja berkegiatan di luar sekolah, enggak melulu akademis,” kata Nico Awalnya Nico hanya ingin mencari kesibukan, tetapi kemudian di hari pertama dia syuting, ia merasakan hal yang beda.

“Waktu itu gue ingat banget hari pertama syuting AADC? di Karawaci di depan rumah Cinta, gue masuknya telat karena harus ujian dulu, kalian sudah syuting seminggu,” tutur Nicholas Saputra.

“Ketika pulang dari syuting itu, itu adalah momen di mana, ‘ah ini yang mau gue lakukan seumur hidup’,” ujarnya melanjutkan.

Rupanya, pria kelahiran 24 Februari 1984 jatuh cinta dengan segala proses yang dia lewati selama bermain di film AADC? Bahkan, setelah syuting AADC?, Nicholas Saputra menyebut produksi film seperti sebuah keajaiban.

“Awal proses persiapan, kolaborasi, terus hasilnya magical banget. Proses main film itu, habis latihan, direkam itu magical banget, menjadi bagian dari sebuah keajaiban,” ujar Nico.

Benar saja, sejak saat itu Nicholas terus membintangi beberapa judul film seperti Janji Joni, Gie, Pendekar Tongkat Emas, Aruna dan Lidahnya, dan masih banyak lagi.


4. Jadi produser film

Nicholas Saputra belum lama ini telah menjajal kemampuannya berada di belakang layar sebuah produksi film.

Nico menjadi produser dalam film dokumenter bertajuk Semes7a yang tayang pada Januari 2020, dari PT Talamedia.

Meski sangat menikmati dunia barunya di belakang layar, Nico mengaku menjadi produser sangat melelahkan.

“Kalau bisa sih dua-duanya, tapi jadi produser tuh ampun deh prosesnya melelahkan,” kata Nico.

“Karena dari idenya enggak ada, sampai filmnya keluar, gue enggak bisa lari, semua itu ada di tangan produser,” sambungnya.

Menurut Nico, seorang produser memiliki tanggung jawab besar dalam prosuksi sebuah film. Meskipun sebagai aktor, dia juga memiliki tanggung jawab lainnya.

“Kalau akting sih sebenarnya tanggung jawabnya ada, karya lu ini akan lebih panjang umurnya dari lu ,dan muka lu ada di situ. Jadi ada tanggung jawab berbeda, tapi ada beban sendiri-sendiri,” ujarnya.

Nicholas Saputra bercerita, keputusannya untuk bekerja di belakang kamera karena selama ini ia banyak belajar dari Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter