Ventela vs Vans : Vans Minta Instagram Hapus Sneakers Plagiat

Ventela vs Vans. Dok: twitter/ Omenicious_

Jakarta, Talamedia.id – Skena local pride lagi heboh gara-gara Vans meminta Instagram menghapus unggahan sneakers yang dinilai menjiplak desainnya. Di antara sepatu tersebut adalah rilisan dari Ventela.

Merek sepatu dalam negeri itu punya desain dengan stripe putih di sisinya, yang sekilas mirip sama jazz stripes milik Vans. Apalagi sejak Ventela merilis Ventela Public dan Ventela Retro.


Menanggapi hal ini, Ventela lewat Instagram Story mengklaim desainnya telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Menanggapi isu-isu yang sedang hangat dibicarakan, kami ingin menginformasikan bahwa semua desain logo kami sebelum diproduksi telah didaftarkan ke instansi terkait,” jelasnya.



Ventela bahkan melampirkan tautan dari laman DJKI sebagai bukti bahwa desainnya telah terdaftar.


kumparan udah mencoba menghubungi Ventela, namun belum juga ada tanggapan.

Di sisi lain, beberapa reseller sneakers Ventela yang unggahannya dihapus sampai di-ban mengeluhkan kejadian ini. Salah satunya adalah Indra pemilik akun @exploseco.new yang telah memiliki lebih dari 36 ribu followers.


Indra mengaku foto Ventela Public yang ia unggah dihapus oleh Instagram sejak Minggu pukul 06.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB, dia udah enggak bisa mengakses akun tersebut.

“Enggak tahu kenapa langsung akun saya yang di-ban. Saya udah ajukan banding tapi enggak ada konfirmasi dari Vans-nya,” kata dia saat dihubungi kumparan, Senin (27/4).

https://www.instagram.com/p/B_cPX7SgCd6/

Alhasil, pedagang yang udah menjadi reseller Ventela sejak Desember 2019 itu harus membuat akun baru. “Dagang baru agak sepi. Tapi sabar aja. Mungkin nanti ada gantinya,” ucapnya.

Indra juga meminta bantuan dari Ventela dan menganjurkan reseller lainnya untuk segera mengarsipkan foto dagangan Ventela Public.

Sebelumnya, akun Instagram @localmadness.id juga mengunggah screenshot percakapan dengan seorang reseller Ventela yang bernasib sama kayak Indra. Unggahan tersebut memperlihatkan foto-foto yang dihapus Instagram karena dinilai melanggar ketentuan.

https://www.instagram.com/p/B_b7luSgP0I/
Probo Agung Laksono
Reporter