5 Variasi Resep & Cara Membuat Es Buah Segar untuk Buka Puasa

Ilustrasi. Dok: Pexel

Jakarta, Talamedia.id – Es buah udah jadi makanan dan minuman buka puasa yang wajib ada saat bulan suci. Rasanya yang manis dari buah dan air gula, seger banget buat buka puasa dan meningkatkan Semangat Ramadan dalam diri!

Selain menyegarkan, minuman ini juga banyak nutrisi dan vitaminnya karena mengandalkan buah-buahan di dalamnya. Sehingga membuat kamu enggak merasa bersalah banget deh makan makanan manis ketika waktu berbuka tiba.

Nah, pasti bosen juga kan sama es buah yang biasa dijual di pasaran yang itu-itu aja? Yuk, coba di rumah kreasi resep es buah segar untuk berbuka puasa berikut ini!

1. Es Buah Yogurt

Rasa asam dari yogurt dan manis dari buah pasti nyegerin banget buat buka puasa! Semua pasti udah tahu juga kan yogurt kayak manfaat. Untuk selengkapnya, yuk simak resepnya!

Bahan-bahan Es Buah Yogurt:

  • 2 buah apel (iris atau potong dadu sesuai selera)
  • 5 sendok teh (sdt) sirup melon (atau rasa lainnya)
  • 10 buah stroberi yang dibelah
  • 5 potong buah melon (potong dadu)
  • 250 ml yogurt stroberi (atau rasa lainnya)
  • 200 ml susu full cream (atau 2 sachet susu kental manis yang dilarutkan dengan air putih)
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Buah Yogurt:

  • Taruh bahan-bahan yang telah diiris dalam satu wadah, cuci bersih.
  • Siapkan mangkok, masukan susu, yogurt dan sirup.
  • Masukan buah ke dalam mangkok, beri es batu.
  • Es buah siap dihidangkan.

2. Es Buah Cocktail

Es buah cocktail rasanya segar banget. Es buah ini cocok untuk kamu yang enggak begitu suka es buah yang terlalu manis.

Bahan-bahan Es Buah Cocktail:

  • 2 buah kayu manis
  • 1 buah nanas (potong kecil)
  • 1,2 kilogram (kg) gula pasir (atau sesuaikan dengan selera)
  • 2 liter air
  • 3 sdm selasih
  • 3 buah potongan pepaya (iris kecil)
  • 3 buah potongan melon (iris kecil)
  • 5 sdm nata de coco

Cara Membuat Es Buah Cocktail:

  • Cuci bersih kayu manis dan nanas.
  • Rendam biji selasih ke dalam air panas, tunggu hingga mengembang.
  • Rebus air dan tambahkan gula pasir.
  • Masukan potongan nanas dan kayu manis, tunggu hingga aroma kayu manis dan nanas keluar.
  • Campur semua bahan lainnya.
  • Es buah cocktail siap dihidangkan.

3. Es Buah Keju

Mungkin sajian keju dengan buah kamu biasa temukan pada salad buah. Namun siapa sanga ditambahkan pada es buah juga enggak kalah enak!

Bahan-bahan Es Buah Keju:

  • 250 ml susu UHT
  • 1 sdm susu kental manis putih
  • ½ potong buah alpukat yang dipotong dadu
  • 2 sdm keju yang telah diparut
  • 3 buah anggur, diiris
  • 1 buah pisang yang telah dipotong
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Buah Keju:

  • Campurkan susu uht dan susu kental manis, keju, aduk hingga merata.
  • Masukan semua buah yang telah dipotong.
  • Es buah keju siap dihidangkan.

4. Sop Buah Es Krim

Es krim memang menjadi cemilan andalan baik saat bulan puasa atau tidak. Rasanya yang dingin dan manis jadi favorit semua orang. Dicampurin sama es buah pasti enak banget nih Toppers!

Bahan-bahan Es Buah Es Krim:

  • 10 gram Nata De Coco
  • Sirup gula sesuai selera
  • Es batu secukupnya
  • 5 buah anggur, iris
  • Kolang-kaling
  • Rumput laut
  • Stroberi
  • Melon
  • Mangga
  • Semangka
  • Buah naga
  • Pir
  • 3 cangkir es krim
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu yang telah dihancurkan

Cara Membuat Sop Buah Es Krim:

  • Potong dadu atau potong sesuai selera semua buah.
  • Masukan buah yang telah dipotong ke dalam mangkuk atau gelas.
  • Tambahkan es batu.
  • Potong-potong dadu mangga, semangka, pir, anggur, buah naga.
  • Tambahkan nata de coco dan es batu.
  • Tambahkan sirup gula sesuai selera .
  • Tambahkan es krim dan susu kental manis di atasnya.

5. Es Buah Kiwi

Rasa asam pada es buah ini memberikan sensasi segar tersendiri. Perbaduan rasa asam dan manis satu ini wajib dicoba untuk buka puasa! Bahannya yang simple, cocok banget untuk kamu yang malas bikin takjil lama-lama.

Bahan-bahan Es Buah Kiwi:

  • ½ buah kiwi iris kecil
  • 2 sdm nata de coco
  • 1 buah jeruk nipis atau setengah buah lemon
  • 2 sdm gula pasir
  • Air secukupnya
  • Es batu

Cara Membuat Es Buah Kiwi:

  • Masukkan kiwi yang telah diiris-iris ke dalam wadah.
  • Masukan nata de coco.
  • Beri setengah potongan jeruk nipis/ lemon ke dalam gelas.
  • Peras sisa jeruk nipis atau lemon.
  • Masukan gula pasir, aduk, tambahkan es batu.
  • Es buah kiwi siap dihidangkan.

Probo Agung Laksono
Reporter