Dalgona Coffee, Sekarang Trend di Korsel, Dulu Populer di India

Dalgona Coffee. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jennifer Gauld

Jakarta, Talamedia.id – Dalgona coffee ramai disebut berasal dari Korea. Jauh sebelum viral, ternyata racikan kopi sejenis sudah dibuat oleh orang di India sejak lama.

Di tengah wabah virus corona ini, masyarakat di seluruh dunia dihebohkan dengan kemunculan racikan kopi hits dari Korea.

Kopi itu dikenal dengan sebutan dalgona coffee yang rasanya mirip seperti permen dalgona, permen tradisional dari Korea.



Awal kepopulerannya bermula dari banyaknya netizen yang membagikan resep dalgona coffee melalui aplikasi TikTok. Karena bahan yang dibutuhkan mudah didapat dan penampilan kopinya yang estetik, banyak netizen lain yang penasaran untuk mencoba membuatnya.

Hingga akhirnya dalgona coffee itu pun menjadi viral di seluruh dunia. Melihat itu, masyarakat di India justru menganggap racikan dalgona coffee sebagai hal yang biasa, karena mereka memiliki racikan kopi yang serupa.

Dalgona Coffee. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jennifer Gauld

Kopi tersebut dikenal dengan nama Phenti Hui Coffee yang sudah aja sejak bertahun-tahun yang lalu, seperti yang dilansir dari India Today (31/03). Masyarakat di India menyebut bahwa racikan untuk membuat dalgona coffee dan phenti hui coffee sangat mirip. Berupa kopi, gula air dan susu.

Cara membuatnya juga serupa. Sama-sama dikocok hingga menghasilkan foam yang bertekstur lembut. Namun, ada perbedaan dalam penyajiannya. Jika racikan dalgona coffee dituangkan di atas susu, tetapi phenti hui coffe justru kebalikannya.

Racikan kopi itulah yang kemudian dicampur dengan susu. Meski begitu, tetapi rasa yang dihasilkan tetap sama. Selain di India, racikan kopi serupa ternyata juga banyak ditemukan di berbagai negara lainnya.

Dalgona Coffee. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jennifer Gauld

Seperti yang dilansir dari Los Angeles (13/03) yang menyebut bahwa dalgona coffee juga dikenal sebagai whipped coffee. Beberapa negara lain yang memiliki racikan kopi tersebut ada seperti India, Pakistan hingga Macau.

Mungkin namanya berbeda, tetapi kopi tersebut memiliki racikan dan rasa yang sama. Begitu pula dengan di Korea yang menamai kopi ini dengan sebutan dalgona coffee, karena rasanya mirip seperti permen dalgona.

(clc)