Gordon Ramsay ke Sumatera Barat, Belajar Bikin Rendang

Mendampingi Gordon Ramsay (kanan) saat ia memasak adalah koki legendaris dan TV Indonesia, William Wongso. Foto: dok. Geografis Nasional

Jakarta, Talamedia.id – Penggemar Gordon Ramsay mungkin tak asing lagi dengan acara “Gordon Ramsay: Uncharted.” Di tayangan tersebut, koki kelahiran Inggris tersebut bertualang ke berbagai penjuru dunia dan mempelajari budaya. Selain itu dia juga makanan tradisional di berbagai negara.

Acara Gordon Ramsay: Uncharted Season 2 episode Sumatra’s Stunning Highlands di Sumatera Barat telah melakukan syuting Januari 2020 lalu.

Seperti dilansir dari The Jakarta Post, saat itu Gordon Ramsay sedang menjalani adu memasak bersama pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Di musim terbarunya, Gordon Ramsay pun dipastikan akan bertandang di Sumatera Barat.

Momen tersebut pun jadi kesempatan buat Gordon Ramsay untuk belajar Rendang secara tradisional.

“Di area yang penduduknya banyak yang belum memiliki pendiginan, makanan di sini umumnya kaya dengan cabai dan bumbu yang mampu mengawetkan daging. Adalah Sumatera Barat, dimana rendang—sajian daging yang terkenal dengan kepedasan, prosedur masak yang panjang, dan kemampuan untuk bertahan selama berhari-hari— diciptakan oleh warga Minangkabau,” jelas National Geographic pada laman resminya.

Yang unik, di kesempatan itu Gordon Ramsay juga akan beradu kemampuan masak Rendang dengan Chef William Wongso, yang punya karir di dunia kuliner selama 50 tahun.

Rendang keduanya nantinya dinilai langsung oleh gubernur Sumatera Barat.


“Aku harus melampaui batasan ku,” jelas Ramsay. “Mungkin aku tidak bisa membuat rendang yang sempurna dalam waktu tujuh hari, tepi aku cukup puas dengan hasil akhir yang ku buat. (Chef William Wongso) kaya dengan pengalaman, dan aku yakin pengalaman ini akan membuatku menjadi koki yang lebih baik.”

Gordon Ramsay belajar budaya Sumatera Barat

Daya tarik Sumatera Barat tentu bukan cuma masakan padang. Makanya, kesempatan tersebut jadi momen buat Gordon Ramsay untuk mencicipi bika dan durian.

Nggak cuma itu, koki berusia 53 tahun tersebut juga belajar Pacu Jawi, serta berkunjung ke goa Ngalau Simalasak, juga memancing bersama nelayan lokal.

Dalam petualangannya di Sumatera Barat yang tayang pada Senin (29/6/2020), Ramsay sempat memerah susu kerbau yang berakhir dengan dirinya terkena kotoran kerbau.

Probo Agung Laksono
Reporter