Unpad Raih Prestasi di Ajang IMPACT 2019 Malaysia

Muhammad Ihsan, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad saat berlomba dalam ajang IMPACT 2019 dalam kompetisi Public Speaking kategori perorangan. Foto : ayobandung.com

Bandung, Talamedia.id – Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi kembali mendulang prestasi internasional. Kini raihan itu didapatkan dalam ajang kompetisi mahasiswa internasional IMPACT 2019 yang diselenggarakan Universiti Sains Malaysia (USM) pada 16-18 Desember 2019.

Muhammad Ihsan yang berhasil meraih Juara 1 Kompetisi Public Speaking kategori perorangan dalam di ajang tersebut. Lalu tim kampanye #glekyourdrink menjadi 2nd Runner Up Kategori Grup dalam Kompetisi Best Communication Campaign.

Dalam kompetisi mahasiswa antar bangsa yang diikuti beberapa perguruan tinggi di Asia Tenggara tersebut, kontingen Unpad mengirimkan perwakilannya dalam enam kategori kompetisi, yaitu Feature Writing, Photography, Public Speaking, Best University Magazine, Best Communication Campaign, dan Short Video.

Selain kedua gelar yang kemudian direbut, Unpad berhasil menempatkan dua finalis lainnya yaitu Ricky Ramdhan Darmawan dalam Kompetisi Photography dan Giovanni Nickson Zefanya Ong dalam Kompetisi Public Speaking.



Muhammad Ihsan pada akhirnya meraih hadiah utama dalam Public Speaking setelah juri memutuskannya menjadi yang terbaik di antara 26 peserta perwakilan dari tiga negara, yaitu Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Kompetisi Public Speaking adalah satu-satunya nomor lomba yang mengharuskan para peserta melakukan presentasi langsung di atas panggung yang digelar di ruangan Dewan Budaya USM di Pulau Penang, Malaysia.

Dalam kontes orasi ini, peserta mendapatkan tema yang diundi sebelum perlombaan dimulai. Kala itu, Muhammad Ihsan mendapatkan tema tentang online business yang baik.

Dilansir melalui ayobandung.com, Mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi yang tampil cukup santai, ramah serta humoris ini mengaku tidak percaya dapat meraih Grand Prize karena menurutnya lawan-lawannya sangat berkualitas. “Saya speechless,” ujarnya ketika diwawancara usai menerima penghargaan.

Sementara kelompok kampanye #glekyourdrink yang dilakoni oleh Rara Berliana, Iqbal Maulana, Rahma Sartika, Aini Rahmi Mutia, serta Weni Anggriani berhasil menjadi 2nd Runner Up dari sembilan peserta. Tema kampanye yang mereka ambil adalah mengenai gerakan anti menggunakan sedotan plastik.

Tim yang merupakan gabungan dari mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Media, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, dan Manajemen Komunikasi ini mengangkat masalah sedotan dari bahan plastik yang merusak lingkungan. Kerusakan tersebut terjadi akibat sifat plastik sebagai sampah sulit terurai serta efeknya yang melukai satwa liar.

Keikutsertaan Unpad dalam IMPACT 2019 ini merupakan yang ketiga kalinya. Di tahun 2017, kontingen Unpad juga berhasil meraih dua gelar dalam kategori Communication Campaign sebagai Juara Kedua dan Creative Packaging sebagai Juara Ketiga.


Dengerin podcast kita ya jangan lupa di follow di Spotify. Yuhu 🥰

Menurut Dekan Sekolah Komunikasi USM, Dr. Nurzali Ismail, tema Fun and Funkiness yang diambil tahun ini ditujukan untuk menyuntikan semangat muda kepada para peserta sekaligus menyelipkan elemen kegembiraan di setiap karya kreatif mereka dengan slogan ‘Your Ideas, Your Triumph’.

Selain itu, ia mengharapkan IMPACT 2019 menjadi kegiatan yang terbesar dan paling menggairahkan dibandingkan sebelumnya, karena bertepatan dengan ulang tahun USM ke-50.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter