Benarkah Ada Bayi Baru Lahir Sebut Telur Rebus Sebagai Obat Virus Corona?

Kiri: Informasi berita baru lahir sebut telur rebus sebagai obat virus corona (Twitter/@xbbhx_ta) / Kanan: Ilustrasi telur (Unsplash)

Talamedia.id – Di tengah pandemi virus corona, begitu banyak informasi simpang siur di media sosial yang belum dipastikan kebenarannya. Salah satu yang sedang beredar adalah informasi bahwa telur rebus bisa mengobati virus corona.

Informasi di Facebook dan aplikasi pesan Whatsapp mengatakan ada seorang bayi yang baru lahir langsung berbicara. Bayi tersebut mengatakan warga harus makan telur rebus untuk melawan virus corona.



Setelah mengatakan hal tersebut, sang bayi langsung meninggal dunia. Informasi ini tampaknya banyak dipercaya oleh masyarakat. Berdasarkan hasil penelusuran INDOZONE, informasi ini adalah hoax.

https://twitter.com/Yaqeen__100/status/1242879148315439104?s=20

Pertama, tidak ada kepastian lokasi soal bayi tersebut. Lokasinya terus berubah-ubah di seluruh daerah Sulawesi dan beberapa daerah lain. Mulai dari Talaud, Bolaang Mongondow Utara, Luwu Raya, hingga ke wilayah Gorontalo dan Lombok.

Kabar ini membuat banyak warga berbondong-bondong membeli telur dan merebusnya. Sementara itu, juru bicara Pemerintah pusat untuk penanganan virus Corona (COVID-19), Achamad Yurianto meminta warga tidak mudah percaya berita di media sosial.

https://twitter.com/xbbhx_ta/status/1242857416414220288?s=20

Cara yang paling ampuh saat ini untuk mencegah virus corona adalah menerapkan social distancing dan mengarantina diri sendiri di rumah serta menjaga gaya hidup sehat.

Memakan telur memang bermanfaat untuk tubuh, namun tidak ampuh untuk benar-benar mengobati virus corona.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter