Cara terhindar dari Virus Corona

Tim medis yang menangani wabah virus corona di Wuhan, China (Chinatopix via AP)

Bandung, talamedia.id – dalam beberapa minggu ini kita digegerkan oleh informasi tentang Virus Corona baik, video korban yang tiba-tiba terjatuh di depan umum, jumlah korban, hingga tersebar di beberapa dunia akibat dari wisatawan yang berasal dari Kota Wuhan, China.

7 Cara Menghindari Corona

  1. Menjaga stamina tubuh
  2. Tingkatkan imun tubuh dengan gaya hidup sehat, asupan nutrisi cukup dan bergizi, istirahat cukup.
  3. Tidak merokok
  4. Selalu mencuci tangan untuk mengurangi resiko terinveksi
  5. Pakailah masker dalam beraktivitas dan berhubungan dengan lingkungan luar
  6. butuh waktu 2-7 hari direvisi jadi 14 hari setelah terpapar virus
  7. Usia 40 tahun keatas

“Jadi, kita orang Indonesia itu jangan terlalu, apa, kata anak jaman sekarang lebay terhadap lingkungan. Yang paling utama jangan panik dan jangan lebay”, Dr. Erlina Burhan, Ahli Penyakit Paru dari RS. Persahabatan.

Suasana sepi dan sunyi mendominasi Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China. Kondisi bak kota mati ini setelah pemerintah China menutup dan mengisolasi wilayah bagian tengah Tiongkok itu akibat virus corona jenis baru.

Berdasarkan data Otoritas Kesehatan China, hingga Senin pagi 27 Januari 2020, ada 2.744 kasus terkait virus corona penyebab pneumonia mematikan tersebut. Korban jiwa bahkan sudah mencapai 102 orang.



GOODNEWS : 1. Sampai saat ini kita belum ada kasusnya 2. Kota Wuhan diisolasi.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Subandrio menjelaskan virus corona merupakan satu keluarga besar virus yang sejenis. Umumnya, sirkulasi peredaran terjadi di antara hewan.

Namun, enam jenis di antaranya yang memang bisa menyerang manusia. Termasuk, virus corona yang diidentifikasi di Wuhan tersebut. Karena itu pula virus ini disebut sebagai novel.

“Yang bisa menentukan seseorang sakit atau terinveksi virus Corona adalah dokter, bukan teman atau orang biasa”, katanya.

Dr. Erlina Burhan

Itu sebabnya, ada baiknya pelbagai gejala ini harus sedini mungkin diwaspadai. Amin menerangkan, orang yang terserang virus ini biasanya menderita demam disertai batuk.

“Jadi kriterianya demam, dengan batuk. Atau, sesak napas dan yang berat lagi kesulitan bernapas,” sambung dia.

HATI-HATI HOAKS

  1. Orang yang batuk, flu atau sesak napas
  2. demam tinggi
  3. Kontak dengan orang Tiongkok / China
  4. Virus tersebar melalui udara
  5. Bertemu orang yang pergi ke China

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter