Herd Immunity Menurunkan Persebaran Covid-19

Herd Immunity merupakan sistem kekebalan suatu kelompok yang memiliki kekebalan terhadap infeksi atau penyakit. Dimana mereka yang tidak memiliki herd immunity akan merasakan dampak secara tidak langsung. Dok: 2oceansvibe.com 

Bandung, Talamedia.id – Persebaran infeksi virus Corona yang terus melejit membuat perhatian masyarakat meningkat mengenai masalah kesehatan. Selain pandemi covid-19, herd immunity pun kini menjadi pusat perhatian masyarakat. 

Melansir dari laman Kemkes.go.idherd immunity merupakan  keadaan dimana suatu kelompok memiliki kekebalan terhadap infeksi, sehingga dapat menimbulkan dampak tidak langsung bagi mereka yang tidak memiliki kekebalan infeksi tersebut. 

Hal ini pun mencuri perhatian masyarakat, salah satunya Kepala Penasihat Ilmu Pengetahuan untuk pemerintah Inggris, Patrick Vallance. Ia mengatakan jika membangun herd immunity dirasa akan lebih efektif untuk menekan angka penyebaran virus corona.



Selain Patrick, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pun menambahkan isu mengenai herd immunity ini, “Kita dapat memperlambat persebaran virus sementara pada saat yang sama membangun kekebalan kelompok dengan cara yang terkendali.”

Kendati demikian dilansir dari Independet.co.uk¸ herd immunity itu sendiri sebenarnya “hanya berfungsi” bila mayoritas dari suatu kelompok telah melakukan vaksinasi. Namun seseorang yang telah melakukan vaksin pun belum tentu akan terbebas dari suatu penyakit tertentu. 

Mengingat belum adanya vaksin untuk covid-19 ini, maka herd immunity akan dirasa percuma. Pasien malah akan semakin membludak sedangkan sarana dan pra sarana yang belum memadai. 

Sebagai upaya dari herd immunity, menurunkan angka persebaran covid-19 masih dapat dilakukan dengan cara social distancing, tidak menghadiri acara besar, serta tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 

(slr/pal)