Ini Fitur Instagram yang belum Kamu tahu

Ilustrasi. Dok: Ist

Talamedia.id – Seiring berjalannya waktu, IG makin sering mengupgrade user-interface nya agar makin familiar dan gampang digunakan. Gak heran, tampilan Instagram terbaru ini lebih disukai dan digemari para pengguna IG.

Selain deretan fitur IG di atas, masih banyak lagi yang bisa dijadikan fitur Instagram story terbaru tahun 2021. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ya!

1. IG Dark Mode

Salah satu fitur terbaru Instagram di tahun 2021 yang wajib kamu coba adalah fitur Instagram Dark Mode. Fitur ini memungkinkan kamu melihat layar IG dengan background gelap.

Ilustrasi. Dok: Ist

Fitur ini juga sangat berguna saat kamu sedang berada dalam kondisi gelap. Fitur IG Dark Mode terbaru ini sangat membantumu biar nggak silau saat melihat layar smartphone.

Untuk mengetahui cara mengganti tema IG untuk Android dan iPhone jadi Dark Mode.

2. Instagram Music

Ilustrasi. Dok: Ist

Fitur Musik di IG Story memang sudah hadir di beberapa negara lain, mulai dari Singapura dan Australia. Namun, Indonesia sendiri masih belum muncul. Kenapa bisa begitu?

Usut punya usut, salah satu alasan kenapa fitur stiker musik Instagram Stories ini belum segera masuk Indonesia karena masalah lisensi, geng, mengingat gak semua lagu yang masuk di fitur IG story ini legal.

Jadi pihak Instagram ingin merapikan lisensi lagu dan musik populer lebih dulu, baru bisa masuk. Kalau kamu nggak sabar, kamu bisa membaca artikel Jaka seputar cara membuat Instagram Music di Instagram Stories 2020.

3. Buat Filter IG Sendiri

Ilustrasi. Dok: Ist

Instagram/IG sudah lama dikenal menjadi platform yang memberikan ruang sebesar-besarnya untuk mengasah kreativitas para penggunanya. Gak heran ini juga digunakan para kreator untuk membuat filter-filter IG yang keren abis.

Gak heran, banyak yang ingin tahu cara membuat story IG terbaru yang dilengkapi dengan filter bikinan sendiri maupun orang lain, mengingat filter bikinan IG dirasa monoton dan membosankan.

Nah, jangan khawatir, geng, kamu bisa bikin fitur IG terbaru ini loh! Buat kamu yang ingin tahu cara membuat filter Instagram sendiri.

4. Menghapus Followers Instagram Tanpa Ketahuan

Ilustrasi. Dok: Ist

Sedang mencari cara buat unfollow akun IG tanpa ketahuan? Tenang aja, geng! Jika dulu kamu unfollow akun Instagram tapi akun tersebut masih nge-follow kamu, sekarang udah nggak lagi loh!

Panduan ini juga sangat bermanfaat buat menghapus akun IG yang dirasa toxic abis, entah itu akun spam, teman-teman yang suka pamer kekayaan, atau bahkan akun mantan.

Cara menggunakan fitur IG yang satu ini gampang banget, geng. Tinggal menuju Akun > Followers > pilih followers yang hendak kamu hapus followersnya. Klik 3 titik di bagian kanan lalu pilih Remove. Gampang banget, kan?

5. Screenshot Story Bakal Ketahuan (?)

Fitur baru Instagram screenshot ini sebenarnya sudah lama terdengar di kalangan pengguna IG. Berawal dari tahun 2018 saat IG mengumumkan hendak mencoba fitur baru, di mana pengguna bakal menerima notifikasi konten IG Story nya dipindai alias di-screenshot.

Usut punya usut, ternyata fitur Instagram terbaru ini batal rilis, kemungkinan karena masalah privasi. Namun, fitur IG ini tetap ada di Dirrect Message (DM), kok!

Caranya gampang banget. Misalkan saja kamu sedang mengirim foto atau video di DM IG dengan pilihan “View Once” atau “Allow Replay”. Nantinya saat mereka membuka fotomu dan mereka iseng me-screenshot nya, notifikasi IG bakal langsung muncul.