Jabar Siapkan Rumah Sakit Untuk Pasien Covid-19

Ilustrasi sample positif corona. Foto: Shutterstock

Bandung, Talamedia.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil atau yang kerap disapa Emil, berencana menjadikan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) sebagai RS khusus penanganan pasien covid-19. Hal tersebut akan dilakukan jika penyebaran covid-19 di Jabar terus meningkat.

Senada dengan Emil, Direktur Utama RSHS, Nina Susana Dewi mengatakan, hal tersebut penting untuk diupayakan mengingat penyebaran covid-19 di Indonesia terus meningkat dengan cepat.

“Kasus covid ini terus meningkat, kematian juga terus meningkat di atas tiga persen. Maka, kami harus membuat perencanaan-perencanaan,” ujarnya saat melakukan konferensi pers jarak jauh, Kamis (19/3).



Namun, menurut Nina, dalam implementasinya perlu sebuah perencanaan yang matang. Dibutuhkan kerja sama berbagai pihak dari mulai pemerintah pusat hingga daerah. Menurutnya, rencana tersebut bukan perkara mudah.

“Harus ada komitmen dari seluruh instansi dari pihak pusat. Butuh anggaran dan sarana prasarana. Penanganannya harus sesuai mutu dan standar,” tambah Nina.

Meski demikian, sebagai RS rujukan pasien terinfeksi covid-19, RSHS saat ini telah menyiapkan beberapa skenario penanganan. Sebagian sudah berjalan, seperti pengadaan ruangan isolasi khusus untuk pasien covid-19 di Ruang Isolasi Khusus Kemuning (RIKK).

Secara keseluruhan, terdapat 29 ruangan yang sebagian masih terisi oleh 12 pasien TB. Jika kasus penyebaran covid-19 terus meningkat, pihak RSHS akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk memindahkan pasien TB yang ada di ruang Kemuning tersebut.

“Ini dalam proses pembicaraan dengan Dinas Kesehatan untuk alih rawat 12 pasien itu agar (RIKK) bisa dijadikan ruang (khusus) isolasi covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut data terakhir, terdapat 22 orang yang terdeteksi positif covid-19 di Jabar. Di tingkat nasional, pemerintah pusat mengumumkan kasus positif covid-19 kini berjumlah 309 orang. Sebanyak 25 pasien dinyatakan meninggal, 11 pasien lainnya berhasil sembuh.

(rtp/muh)