Radar Covid-19 Jawa Timur, Melacak via Whatsapp

Aplikasi untuk melacak penderita Covid-19. Foto: radarcovid19.jatimprov.go.id

Jakarta, Talamedia.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenalkan layanan Radar Covid-19 guna mencegah penularan virus corona di wilayahnya.

Radar Covid-19 merupakan layanan berbasis web yang menampilkan informasi terkini mengenai persebaran pasien virus corona khususnya di area Jawa Timur.

Seperti yang ditunjukkan Khofifah melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya, Selasa (15/4/2020).

Dalam video tersebut, ditampilkan peta persebaran virus corona di Jawa Timur lewat layanan Radar Covid-19. Terlihat titik-titik merah yang mewakili lokasi keberadaan pasien virus corona beserta profil singkatnya.



Selain itu dalam peta tersebut, ditunjukkan pula simbol rumah sakit sebagai layanan rujukan pasien corona beserta kapasitas dan fasilitas yang dimiliki.

Sementara untuk akses layanan Radar Covid-19, klik tautan berikut: http://radarcovid19.jatimprov.go.id/

Dengan peluncuruan Radar Covid-19, Khofifah berharap ke depannya Jawa Timur bisa menekan persebaran virus corona yang meningkat dari hari ke hari.

“Layanan ini menjadi salah satu upaya Pemprov Jatim untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 dengan cara transparansi data,” tulis Khofifah seperti dikutip Suara.com.

Khofifah juga berharap, dengan adanya layanna Radar Covid-19, masyarakat lebih tertib menjalankan aturan physical distancing guna mencegah penularan corona.

“Harapannya, masyarakat bisa lebih waspada dan lebih disiplin menerapkan physical distancing demi kepentingan bersama,” kata Khofifah, memungkasi.

Dapat Diakses lewat WhatsApp

Sementara dikutip dari laman infocovid19.jatimpemprov.go.id, Radar Covid-19 yang dikenalkan ke publik pada 3 April lalu, dapat diakses oleh masyarakat lewat aplikasi WhatsApp.

Dengan begitu, masyarakat lebih cepat menerima informasi terkini mengenai persebaran Covid-19 sekaligus mengambil berbagai tindakan guna mencegah penularan virus corona.

Mulai dari mengenal gejala, konsultasi, berita baik tentang virus corona hingga melaporkan kejadian yang terindikasi terpapar Covid-19 .

“WA Radar Covid-19 ini juga salah satu inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal informasi mengenai Covid-19. Selain mudah diakses, ini juga bisa terhubung ke berbagai platform,” terang Khofifah.

Layanan Radar ini laiknya berkomunikasi melalui chatting WA dengan orang lain, antara kita dan di Radar Covid-19.

Di Radar Covid-19 ada tujuh daftar pilihan fitur informasi yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Cek Radar COVID-19 di sekitarmu
  2. Data terbaru persebaran COVID-19 di Jatim
  3. Apa saya ada gejala? Cek up mandiri COVID-19
  4. Ingin ngobrol langsung? Tanya Jawab, curhat, konsultasi di COVID-19
  5. Apa yang harus saya lakukan?
  6. Berita baik tentang COVID-19 hari ini
  7. Lapor kejadian tentang COVID-19

Lalu bagaimana cara warga memasang fitur tersebut di aplikasi WA yang terinstal di ponsel pintar mereka?

Caranya simpel, warga cukup mengakses: infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19, secara otomatis sebuah nomor WA bernama RADAR COVID-19 terdaftar di ponsel kita.

Atau, warga bisa melakukan secara manual dengan memasukkan nomor ponsel 087711124790.

Lalu beri nama nomor tersebut di daftar nomor WA Anda dengan nama RADAR COVID-19.