Sejumlah Kereta Batal Berangkat, KAI Kembalikan Biaya Tiket

Penumpang di Gate Stasiun Bandung, sedang melakukan cek identitas. Foto: humas PT KAI

Bandung, Talamedia.id  Batalkan keberangkatan beberapa kereta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan kembalikan biaya tiket secara penuh. Tiket yang dibatalkan mulai dari keberangkatan 23 Maret hingga 29 Mei 2020. Kebijakan ini diberlakukan mengacu pada penetapan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyait Akibat Virus Corona di Indonesia oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga 29 Mei 2020.

“Mulai Senin (23/3) perjalanan KA Argo Parahyangan dan KA Lodaya dibatalkan untuk beberapa perjalanan. Sedangkan KA Turangga, Argo Wilis, Malabar, dan Mutiara Selatan relasinya akan diperpendek menjadi berangkat dan berakhir di Bandung. Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung social distancing,’ ujar Noxy Citrea, Manager Humas KAI Daop 2.

Pembatalan perjalanan berlaku untuk Kereta Api jarak Jauh dan Lokal, baik tiket perorangan maupun rombongan. Bia­­­­­­ya pembatalan tiket akan dikembalikan secara penuh oleh PT KAI. Pembatalan tiket dapat dilakukan secara online atau offline per tanggal 23 Maret 2020Pembatalan secara online bisa melalui aplikasi KAI Access, dan secara langsung dapat dilakukan di Loket Pembatalan. 



“Biaya pembatalan tiket dikembalikan secara penuh atau full refund,” ungkap Noxy.

Melansir dari Antaranews.com, pembatalan tiket rombongan dalam jumlah yang banyak ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Persyaratan tersebut ialah surat permohonan pembatalan, berita acara kesepakatan yang ditanda tangani oleh pemohon dan pihak KAI, bukti setor uang muka yang sudah dibayarkan, serta melampirkan nomor rekening pemohon. Pelayanan rombongan ini dapat dilakukan di Kantor KAI dimana proses transaksi sebelumnya dilakukan.

Khusus penumpang rombongan yang belum mencetak tiket, pihak PT KAI memberikan kesempatan perubahan jadwal perjalanan. Perubahan akan disetujui selama tempat duduk masih tersedia dan diajukan dalam rentang waktu 90 hari sebelum perjalanan.

Uang pembatalan akan dikembalikan secara penuh dan akan dikonfirmasi oleh pihak PT KAI melalui nomor telepon yang dicantumkan saat pemesanan. 

“Uang pembatalan akan dikembalikan dalam waktu 30-45 hari secara tunai, transfer, sesuai kehendak penumpang,” ujar Noxy.

(mtd)