Toko Modern di Bandung Kini Buka Sampai Jam 8 Malam

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah sampaikan pernyataan perpanjangan jam operasional toko modern

Bandung, Talamedia.id – Jam operasional toko modern atau ritel kembali dimundurkan. Sebelumnya, toko hanya boleh beroperasi hingga pukul 18.00, kini diperbolehkan buka sampai pukul 20.00

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan perkembangan kondisi serta situasi di lapangan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah di Pendopo Kota Bandung, pada Jumat (3/4) kemarin.

“Banyak masukan kepada kami. Saya sudah melaporkan ke Pak Wali Kota dan ke Pak Sekda, jadi tadi malam kami mengeluarkan surat yang baru, meralat surat sebelumnua,” ucapnya.



Menurut Elly, Pemkot Bandung khawatir pembatasan jam operasional dapat berdampak pada pengurangan karyawan.

“Jika pembatasannya cukup banyak dikhawatirkan akan ada banyak karyawan yang dirumahkan. Ini pertimbangan dari kami Pemerintah Kota Bandung sehingga menambah jam sampai pukul 20.00 WIB,” tuturnya.

Pertimbangan lainnya, sambung Elly, toko modern atau ritel hingga kini masih menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan dagangan warung-warung kecil di sekitarnya. Sehingga jika pembatasan waktu operasional ini tetap dijalankan, akan berdampak pada warung-warung kecil tersebut.

Namun, Elly melanjutkan, aturan jam operasional itu tidak berlaku untuk toko modern yang berlokasi di rumah sakit, tempat pengisian bahan bakar, dan rest area jalan tol. Toko modern di lokasi tersebut tetap diperbolehkan buka selama 24 jam.

Meski begitu, Elly mengatakan bahwa pihak toko modern atau perusahaan ritel wajib menerapkan physical distancing serta upaya kebersihan dan kesehatan.

“Menyediakan cuci tangan, ada sabunnya, jarak antrean 1 meter, ada pengumuman-pengumuman,” kata Elly.

Jika melanggar, Pemkot Bandung akan segera lakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Maka, Elly meminta seluruh warga Kota Bandung untuk ikut mengawasi operasional toko modern dan ritel tersebut.

(nrl)