Seruan Dokter Tirta, Segera Lakukan Karantina Wilayah

Tirta Hudhi. Foto: Instagram/dr.tirta

Bandung, Talamedia.id – Influencer muda dr. Tirta Mandiri Hudhi mengatakan rumah sakit di Indonesia kini sudah mulai kewalahan untuk mengatasi membludaknya jumlah pasien positif Covid-19.

Dokter Alumi UGM ini menilai kampanye yang dilakukan pemerintah terkait Covid-19 terbukti tidak efektif karena tidak didukung dengan sanksi yang tegas.

Dilansir dari Siaran Kompas TV, dr. Tirta mengatakan solusi terbaik yang dapat dilakukan pemerintah adalah karantina wilayah. Menekankan solusi tersebut adalah hanya pertimbangan dari segi medis, belum memperhitungkan sektor ekonomi.



Ia menjelaskan karantina dapat dipastikan akan efektif untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

“Jadi kalau saran saya buat pemerintah adalah pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi untuk mengambil sebuah kebijakan yang tidak populis. Paling nggak yang pertama, lockdown itu tidak ada di Undang-undang, mungkin bisa dicek ya. Setahu saya tidak ada Undang-undang yang nulis lockdown tapi karantina,” terang dr Tirta.

Untuk itu, ia menyarankan agar DKI Jakarta melakukan karantina wilayah. Yakni dengan melarang orang yang ingin keluar dan masuk Jakarta.

Tangkapan Layar Seuran dr. Tirta. Dok: Instagram/drtirta

dr. Tirta Suarakan Pesan lewat IG Live

“Misal per Senin-Kamis, lihat saja hasilnya, otomatis kita bisa membatasi orang-orang yang balik kampung atau yang ke Jakarta,” ungkapnya.

Dia juga meminta Presiden Jokowi agar segera mengajak bicara pakar ekonomi ke Istana plus minus karantina wilayah.

“Kamu melarang orang mudik, tapi ga ada sanksinya. Ya percuma,” ujarnya.

Saat ini karantina wilayah sudah menjadi keharusan. Akses keluar masuk Jakarta sudah harus ditutup 5 hari ke depan untuk menghindari migrasi.

“Ini bukan becandaan. siapaun sekarang bisa kena (Covid 19). orangtuamu, anak-anakmu, tetanggamu, temanmu bisa kena sekarang,” tegasnya.

Tirta juga meminta kesiapan pangan dicek sebelum diberlakukan karantina wilayah. Kepala daerah bisa meminta bantuan aparat terkait untuk memastikan keamanan stok logistik dari potensi penjarahan yang terjadi saat karantina wilayah diberelakukan.

“Kepala daerah harus lindungi pangan di seluruh kota masing-masing,” jelasnya.

“Undang-undang karantina harus diaktifkan. Kesiapaan pangan menjadi tanggungjawab pemerintah,” ujarnya.

“Silakan safe life ini disebarkan. Saya buka artis, bukan politisi, karantina harus dilakuakan saya muak dengan kondisi ini,” pungkasnya.

(pal)