FOTO: Bob Hasan Meninggal Dunia

Bob Hasan. (JOHN MACDOUGALL / AFP).

Bandung, Talamedia.id – Pengusaha ternama sekaligus Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bob Hasan, meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (31/3/2020) pukul 11:00 WIB.

Terlihat kerabat menata bunga melati pada peti jenazah Bob Hasan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Bob Hasan yang merupakan mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Memperindag) era Orde Baru itu wafat pada usia 89 tahun karena kanker paru-paru. Jenazah Bob Hasan akan dimakamkan di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (1/4/2020).



Bob Hasan, pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah 1931 silam memang memiliki darah pengusaha. Ia dilahirkan dari keluarga pedagang tembakau asal Negeri Tirai Bambu China.

Pria yang memiliki nama asli The Kian Seng sendiri dikenal sebagai pengusaha kayu tersohor saat rezim orde baru berkuasa. Kiprah Bob dalam usaha perkayuan Indonesia sendiri dimulai sejak masa orde baru berkuasa.

Kerabat menata bunga melati pada peti yang berisi jenazah Muhammad Bob Hasan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Sejumlah petugas menggotong peti yang berisi jenazah Muhammad Bob Hasan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Sejumlah pelayat mengantre untuk mengucapkan belasungkawa kepada keluarga Muhammad Bob Hasan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Lukisan wajah Muhammad Bob Hasan dipajang di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Bob, yang dikenal sebagai anak angkat Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-2, Jendral (Purn) Gatot Subroto itu diketahui dekat dengan penguasa Orde Baru, Soeharto.

Bahkan, Bob disebut-sebut sebagai salah satu kroni Soeharto paling berpengaruh saat rezim orde baru berkuasa di Indonesia 32 tahun lamanya.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter