Gelar Resepsi, Kapolsek Fahrul Sudiana Dicopot Jabatannya

Dok: instagram/ricaandriani

Bandung, Talamedia.id – Kompol Fahrul Sudiana dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek Kembangan setelah kedapatan menggelar pesta pernikahan di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2020. Pernikahan tersebut berlangsung dua hari setelah Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan maklumat soal penanganan Covid-19 di Indonesia. Fahrul dinilai telah melanggar maklumat Kapolri tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan Divisi Profesi dan Pengamanan Polda Metro Jaya telah memeriksa Fahrul atas pelanggarannya.

“Hasil pemeriksaan awal, yang bersangkutan telah melanggar disiplin dan juga melanggar Maklumat Kapolri,” kata dia kepada Tirto.id, Kamis (2/4/2020)



Akibatnya, Fahrul dimutasi ke bagian analis kebijakan di Polda Metro Jaya. Ia dimutasi karena melanggar salah satu poin dalam Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tertanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona.

Fahrul Sudiana melanggar poin 2 huruf a berbunyi “Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.” Menurut Yusri, maklumat tersebut berlaku juga untuk jajaran kepolisian beserta keluarga, bukan hanya masyarakat biasa.

“Jadi kalau ada yang tidak menaati, maka siapa pun itu harus siap dengan segala konsekuensi,” imbuhnya.

lebih jauh Yusri mengungkapkan alasan pribadi menjadi dasar Fahrul menggelar pesta pernikahan tersebut. Fahrul terlanjur menyebar undangan dari dua bulan sebelumnya. Meski maklumat terbit 2 hari sebelumnya, Fahrul enggan menunda acara resepsi tersebut.

(mfd)