Isu Reshuffle Kabinet, Mahfud MD geser Yasona Laoly

Susunan Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-Ma`aruf Amin. Foto: Kompas/Kristianto Purnomo.

Jakarta, Talamedia.id – Isu reshuffle atau perombakan menteri Kabinet Indonesia Maju terus mengemuka menyusul signal kuat Presiden Jokowi ke publik belakangan ini.

Rencana reshuffle kabinet periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo bersama Ma`aruf Amin keluar dari mulut Presiden Jokowi sendiri.
Ia menyampaikan niatnya me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju saat Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna.

Alasan Jokowi cukup mendasar. Ia menyayangkan para pembantunya kurang memiliki sense of crisis. Jokowi menuntut para pembantunya bekerja extraordinary di tengah pandemi COVID-19.

Dilansir dari laman INDONEWS.ID, beberapa nama akan digeser ke pos lainnya, namun ada juga beberapa nama yang akan keluar dari KIM. Sementara itu, akan ada juga nama-nama baru dalam sususan menteri KIM Jokowi-Ma`aruf.

Salah satu menteri yang tidak “nongol” dalam susunan Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusi (MenkumHAM) Yasona Laoly.

Sementara pos MenkhumHAM bakal diisi Prof Dr. Mahfud MD yang semula menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Adapun pos yang ditinggalkan Mahfud akan diisi oleh Jenderal (Purn) Polisi Budi Gunawan.

Probo Agung Laksono
Reporter