Kolaborasi UMKM bersama Titipku

Melalui aplikasi Titipku, pengguna dapat bantu UKM dapatkan pangsa pasar digital. Foto: Titipku.com

Bandung, talamedia.id – Mengedepankan fitur ‘Jelajah’ pada aplikasi, startup dari Yogyakarta, Titipku berharap dapat menggandeng jutaan tangan anak muda Indonesia untuk lebih peduli terhadap kemajuan UMKM dengan membuatkan toko online UMKM di dalam platform Titipku.

Titipku merupakan startup berbasis web dan aplikasi yang berguna bagi para user untuk menawarkan atau meminta bantuan kepada user lain untuk titip beli, titip jual, titip promo maupun titip antri. Visi dari Titipku adalah digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Titipku juga menjadi jembatan siapapun yang ingin terjun di dalam dunia kewirausahaan diharapkan nanti nya dapat mencetak para pengusaha. UMKM disini adalah yang berjualan dengan perorangan, kaki lima, kios pasar, warung, industri rumah tangga dan toko.



“Sampai saat ini, sudah lebih dari 800 anak muda ‘Penjelajah’ yang telah berkontribusi untuk membantu 6.000 UMKM atau pedagang kecil di seluruh Indonesia untuk go digital,” kata Henri Suhardja – CEO Titipku.

Konsen terhadap pertumbuhan UMKM yang berada di Indonesia, dalam hal ini adalah UMKM yang belum terdigitalisasi baik dari segi cara penjualan maupun branding produk yang ditawarkan oleh UMKM.

Antara UMKM, Teknologi Digital dan Titipku

Titipku menghubungkan antara UMKM dan teknologi digital melalui Penjelajah. Penjelajah akan membuat review UMKM yang dinamakan Ulasan Jelajah. Ulasan tersebut membantu UMKM dalam memasarkan produk serta membantu dalam segi branding dari produk itu sendiri.

UMKM yang dijelajah adalah 100% usaha asli Indonesia dan melalui platform Titipku, produk-produk UMKM atau pedagang kecil tersebut bisa dijangkau oleh calon pembelinya atau ‘Nitipers’ di seluruh Indonesia.

Titipku juga menghubungkan antara pembeli dan UMKM melalui Jatiper. Jatiper akan memberikan layanan Jasa Titip (Jatip) dimana user dapat menawarkan jasa titip suatu produk tertentu serta mendapatkan tip yang telah disepekati antara pembeli dan pembuka jatip.

Membagi kisah inspirasi dapat dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya dengan fitur Jelajah di Titipku. Video: Kanal titipku.com

Tidak hanya itu, Titipku juga membuka lapangan pekerjaan baru sebagai mitra ‘Jatiper’ untuk menyalurkan barang dari UMKM ke konsumen dengan waktu yang fleksibel, mudah, aman, dan nyaman.

Dengan adanya Titipku, diharapkan mampu memperkuat perekonomian Indonesia dengan UMKM yang semakin maju mengingat dari 63 juta UMKM yang ada di Indonesia, baru 10% yang go digital.

Versi terbaru aplikasi Titipku sudah dapat digunakan secara nasional (seluruh Indonesia) dan sudah digunakan lebih dari 15.000 pengguna.

Dilansir dari dailysocial.id, Sudah ada lebih dari 800 pengguna yang telah berkontribusi untuk membantu 6.000 UKM untuk go-digital. Aplikasi yang sudah diluncurkan juga telah diunduh lebih dari 15 ribu kali. Adapun kategori UKM yang sudah ada saat ini meliputi pengrajin, penjual makanan/minuman, pedagang sembako, pedagang produk fesyen, dan lain-lain.

Untuk menjelajah UMKM dan mencari informasi lebih lanjut mengenai Titipku, silakan kunjungi www.titipku.com atau unduh aplikasi Titipku melalui Google PlayStore.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter