Pikobar : Peta Sebaran Covid-19 di Jawa Barat

Tangkapan layar dari Pikobar. Dok: Pikonar

Bandung, Talamedia.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi merilis peta sebaran kasus virus corona atau Covid-19 di Jawa Barat.

Data mengenai peta sebaran tersebut bisa diakses masyarakat melalui https://pikobar.jabarprov.go.id/. Dengan adanya peta sebaran itu, warga bisa melihat data jumlah pasien yang ditangani terkait virus corona di Jawa Barat.

Data tersebut menampilkan status penanganan dan usia pasien. Kemudian, data yang disajikan secara interaktif itu menampilkan lokasi desa, kelurahan atau kecamatan dan kabupaten atau kota pasien.

Meski demikian, peta sebaran tersebut ditampilkan dengan tetap menjaga identitas pasien. Saat dicek pada Senin (16/3/2020), data sebaran pasien tersebut terakhir diperbarui pada Minggu kemarin, pada pukul 08.00 WIB.



Berdasarkan data itu, tercatat ada enam pasien positif terjangkit Corona, yakni di Kota Bandung, Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta dan Cianjur. Data yang ditampilkan secara visual juga menjelaskan peta sebaran kasus yang terdiri dari orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus corona di Jabar.

Adapun, jumlah PDP paling banyak berada di wilayah Kota Depok dan Kabupaten Purwakarta. Sementara, untuk ODP banyak tersebar di wilayah Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Sukabumi dan Cirebon.

Jika merujuk pada data yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu, ODP berjumlah 706 orang. Sebanyak 256 orang sudah menylesaikan proses inkubasi dan 448 lainnya masih dipantau.

Sementara PDP berjumlah 182 orang, di mana 54 orang negatif dan 28 orang menunggu hasil. Adapun, pasien positif Corona berjumlah tujuh orang.

Probo Agung Laksono
Reporter