Sejarah Hari Perawat Internasional, Lahirnya Perawat Ternama Dunia

Florence Nightingale. Foto: AP

Jakarta, Talamedia.id – Hari Perawat Internasional atau International Nurses Day diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 12 Mei. Hari tersebut dirayakan untuk memperingati kontribusi para perawat pada masyarakat.

Sejarah Hari Perawat Internasional merupakan hari lahir perawat ternama dunia, yakni Florence Nightingale (12 Mei 1820 – 13 Agustus 1910) dari Inggris.

Mengutip laman Nurses Zone, Florence Nightingale merupakan seorang reformis sosial, ahli statistika, dan penemu keperawatan modern seperti yang kita kenal sekarang ini.

Nama Florence menjadi dikenal khalayak luas saat melayani sebagai manajer para perawat yang dilatih olehnya selama Perang Krimea. Dimana ia mengorganisir perawatan pada tentara yang terluka.



Ia membawa reputasi para perawat sangat disukai dan menjadi ikon budaya Victoria. Terutama dalam persona akan ‘The Lady with the Lamp’ saat merawat para tenara yang terluka di malam hari.

Walaupun banyak yang menyebut komentar akan prestasi Florence dalam Perang Krimea berlebihan. Namun banyak juga yang setuju akan prestasi Florence selanjutnya dalam peran perawat profesional perempuan.

Di tahun 1860, Florence mendirikan sekolah perawat di St Thomas’ Hospital di London. Sekolah tersebut merupakan sekolah perawat sekuler pertama di dunia, yang kini menjadi bagian King’s College London.

Untuk melanjutkan prestasinya dalam keperawatan, diadakan penghargaan Nightingale Pledge untuk para perawat baru dan Florence Nightingale Medal, yang merupakan penghargaan tertinggi internasional yang dapat diraih seorang perawat.

Kedua penghargaan tersebut biasa diberikan atas namanya dan diberikan tiap tahun. Pada perayaan Hari Perawat Internasional yang dirayakan tepat pada ulang tahunnya secara internasional.

Reformasi sosialnya termasuk meningkatkan layanan kesehtan untuk semua bagian masyarakat Inggris, mengadvokasikan penurunan kelaparan di India. Membantu untuk membubarkan hukum prostitusi yang kejam pada perempuan, dan memperluas penerimaan dalam bentuk partisipasi perempuan dalam dunia pekerjaan.

Pada bulan Januari 1974, diputuskan untuk merayakan Hari Perawat Internasional sekaligus perayaan ulang tahun Florence Nightingale. Tiap tahunnya, International Council of Nurses menyiapkan dan menyebarkan kit Hari Perawat Internasional.

Kit ini berisi informasi publik dan edukasi yang bisa digunakan oleh perawat manapun. Tiap tahunnya, Hari Perawat Internasional memiliki tema. Tahun ini, temanya adalah ‘Nursing the world to health’.

Probo Agung Laksono
Reporter