China Bantah Klaim Covid-19 Berasal dari Lab di Wuhan

Seorang petugas medis melakukan tes Swab terhadap seorang pria di Wuhan, Hubei, China. Foto: VOA Indonesia

Jakarta, Talamedia.id – China membantah pandemi virus corona berasal dari laboratorium biosekuriti. Juga bukan penularan dari hewan ke manusia di Wuhan seperti yang umumnya diyakini.

Melansir laman VOA Indonesia, Yuan Zhiming, direktur Laboratorium Keamanan Hayati Nasional Wuhan, kepada CGTN hari Sabtu (18/4) mengatakan , “Tidak mungkin” virus itu menyebar dari Institut Virologi Wuhan, khususnya laboratorium P4-nya, yang menangani virus berbahaya.

Ia mengatakan pendapat bahwa covid-19 berasal dari lab, dipopulerkan oleh pendukung konservatif Presiden AS Donald Trump, adalah “teori konspirasi.”



Dr. Deborah Birx, koordinator penanggulangan gugus tugas Covid-19 Gedung Putih di acara “Face the Nation” CBS (19/4), mengatakan “Saya kira jalan masih panjang” untuk mencari tahu asal-usul wabah virus corona.

“Akan memakan waktu untuk benar-benar memetakan dan melacak virus khusus ini … untuk mendapatkan bukti ilmiah dari mana virus ini berasal,” katanya. “Kita tahu virus berasal dari China. Kita hanya tidak mengetahui bagaimana dan di mana. “

Tetapi Birx menambahkan, “Saya tidak punya bukti bahwa itu adalah kecelakaan laboratorium. Saya juga tidak tahu persis dari mana asalnya. “

“Saat ini, konsensus umum adalah penularan dari hewan ke manusia,” katanya.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter