Digosipkan Meninggal Dunia, Bagaimana Kabar Kim Jong Un Sebenarnya?

Kim Jong Un. Foto: twitter/ AJENews

Jakarta, Talamedia.id – Pemimpin negara Korea Utara, Kim Jong-un, santer dikabarkan meninggal dunia beberapa waktu belakangan.Namun, sosoknya justru tampak tengah berada di Kota Wonsan, kota pelabuhan yang berada di wilayah timur Korea Utara.

Dilansir dari Sydney Morning Herald, surat kabar Korea Selatan menuliskan salah satu sumber mengklaim Kim Jong-un tengah memeriksa bangunan di kawasan wisata. Tepatnya sebuah kompleks resor yang luas di kawasan pelabuhan perdagangan lama.

1. Diisukan sakit keras usai menjalani operasi

Beberapa bulan terakhir kondisi kesehatan Kim diisukan memburuk. Hal ini diduga karena Kim memiliki kebiasaan merokok berat, obesitas, dan terlalu banyak bekerja.



Situs yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, The Daily NK, mengumpulkan informasi dan melaporkan Kim sempat menjalani “prosedur bedah kardiovaskular”. Dilaporkan sebagian besar kondisinya telah pulih.

Kim disebut-sebut berangkat ke rumah sakit usai memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh. 11 April 2020 jadi kali terakhir Kim tampak di muka umum.

2. Tiongkok kirimkan tim medis ke Korea Utara

Di tengah simpang siur kondisi kesehatan Kim Jong-un, dilansir dari The Guardian, diketahui Tiongkok bahkan telah mengirim tim dokter ke Korea Utara. Meski belum diketahui pasti, namun dikabarkan tim medis yang dikirimkan termasuk para ahli medis untuk memeriksa kondisi Kim Jong-un.

Belum ada kejelasan mengenai apa tujuan dari tindakan tersebut. Pemerintah Tiongkok juga diketahui belum memberi keterangan lain mengenai hal tersebut.

3. Ramai kabar Kim Jong-un meninggal di Twitter

Kabar kondisi Kim Jong-un menjadi pembicaraan secara global. Termasuk menjadi topik hangat di sosial media, salah satunya Twitter. Pro dan kontra mengenai kabar tersebut berseliweran begitu banyak.

“BREAKING: Kim Jong Un telah meninggal menurut sumber intel Amerika Serikat,” tulis akun @RogueSNRadvisor di Twitternya. Sejumlah orang juga mengunggah foto memperlihatkan sosok Kim yang diyakini telah meninggal dunia.

(yss)