Laboratorium Wuhan Bantah Jadi Sumber Penyebaran Corona

Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Foto: Xinhua/Xiao Yijiu)

Jakarta, Talamedia.id – Laboratorium Institut Virologi Wuhan membantah tudingan sebagai sumber penyebaran virus corona (covid-19) di awal kemunculannya di China.

Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah China, CGTN, direktur laboratorium itu, Yuan Zhiming, mengatakan mustahil jika Covid-19 datang dari laboratoriumnya.

“Saya tahu itu tidak mungkin. Sebagai orang yang melakukan studi viral, kami mengetahui dengan jelas penelitian apa yang tengah dilakukan di institut ini. Bagaimana institut ini mengelola berbagai virus dan sampel,” kata Yuan seperti dilansir AFP, Minggu (19/4).



Selain itu, Yuan menuturkan tidak ada satu pun staf di laboratoriumnya yang terinfeksi corona, meski seluruh departemen di institut itu tengah melakukan berbagai penelitian terkait virus corona.

Ini bukan kali pertamanya Laboratorium Institut Virologi Wuhan membantah tudingan terkait penyebaran virus corona.

Pada Februari lalu, tuduhan serupa juga sempat muncul ke publik. Laboratorium itu lantas menegaskan pihaknya telah berbagai informasi terkait virus itu dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak Januari lalu.

Bantahan terbaru ini kembali dilontarkan setelah Amerika Serikat menuding bahwa China tak jujur dalam melaporkan sumber penyebaran virus corona pertama kali.

Probo Agung Laksono
Reporter