Trump Ancam China soal Corona

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Lee Jin-man / AFP)

Jakarta, Talamedia.id – Serangkaian peristiwa dalam kilas internasional terjadi pada akhir pekan. Mulai dari ancaman Donald Trump untuk China atas pandemi Covid-19.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperingatkan China bahwa mereka bisa menghadapi konsekuensi bila ‘diketahui bertanggung jawab‘.

“Ini bisa dihentikan di China sebelum dimulai dan itu tak dilakukan,” kata Trump kepada wartawan, dilansir CNN, Sabtu (18/4).

“Dan kini seluruh bagian di dunia menderita karenanya,” lanjutnya.



Pernyataan tersebut terlontar usai Trump ditanya peluang China akan menerima konsekuensi atas pandemi yang dimulai dari Wuhan pada Desember lalu. Telah menewaskan lebih dari 157 ribu orang di seluruh dunia.

“Bila mereka diketahui bertanggung jawab, pastinya,” kata Trump.

Laboratorium Institut Virologi Wuhan membantah tudingan yang menyebut lembaga itu sebagai sumber penyebaran Covid-19 di awal kemunculannya di China.

Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah China, CGTN, direktur laboratorium itu, Yuan Zhiming, mengatakan mustahil jika virus corona datang dari laboratoriumnya.

“Saya tahu itu tidak mungkin. Sebagai orang yang melakukan studi viral, kami mengetahui dengan jelas penelitian apa yang tengah dilakukan di institut ini dan bagaimana institut ini mengelola berbagai virus dan sampel,” kata Yuan seperti dilansir CNN yang dikutip AFP, Minggu (19/4).

Selain itu, Yuan menuturkan tidak ada satu pun staf di laboratoriumnya yang terinfeksi corona, meski seluruh departemen di institut itu tengah melakukan berbagai penelitian terkait virus SARS-Cov-2 tersebut.

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter