Trump Ogah Tunjukkan Bukti Covid-19 Berasal dari Lab di Wuhan China

Presiden AS Donald Trump. Foto: BBC World

Jakarta, Talamedia.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim memiliki bukti bahwa COVID-19 berasal dari laboratorium di Wuhan, China. Namun, Trump enggan menunjukkan bukti yang dimilikinya.

“Ya, ya saya punya,” katanya saat ditanya apakah dia telah melihat bukti yang membuatnya yakin bahwa virus Corona berasal dari Institut Virologi Wuhan, dilansir dari AFP, Jumat (1/5/2020).

Trump enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai bukti yang dilihatnya. Dia mengaku tak bisa membeberkan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

“Saya tidak bisa memberitahu anda soal itu. Saya tidak diizinkan untuk memberitahu anda,” ujarnya.



Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump meyakini bahwa virus Corona (COVID-19) berasal dari laboratorium virologi China. Trump bahkan mengklaim memiliki bukti soal itu.

Trump mengaku sudah melihat bukti yang memberinya ‘tingkat kepercayaan yang tinggi’ jika virus mematikan itu berasal dari Institut Virologi Wuhan, China. Namun, Trump enggan membeberkan bukti yang dimilikinya.

“Ya, ya sudah,” katanya, menolak untuk memberikan detail.

“Aku tidak bisa memberitahu anda tentang itu. Saya tidak diizinkan memberi tahu Anda tentang itu,” imbuh Trump.

Institut Virologi Wuhan yang didukung negara China pun menampik tuduhan terhadapnya. Pejabat AS lainnya juga meremehkan kemungkinan bahwa virus Corona berasal dari laboratorium China.

Kebanyakan ahli juga percaya virus itu berasal dari pasar yang menjual satwa liar di Wuhan dan melompat dari hewan ke manusia.

(yss)