Catat, Ini Kesalahan Teknis Paling Umum Tidak Lolos Kartu Prakerja

Kartu Prakerja. Dok: prakerja.go.id

Jakarta, Talamedia.id – Proses seleksi maupun penyaluran insentif dari peserta program Kartu Prakerja masih terus berjalan. Pada Senin (27/4/2020), gelombang ketiga dari program ini telah dibuka hingga Kamis (30/4/2020) mendatang.

Sejak pertama kali pendaftaran gelombang pertama dibuka pada 11 April lalu, ada 8 juta orang yang telah mendaftar.

Pada setiap gelombang, dilakukan evaluasi pelaksanaan. Keterangan ini disampaikan oleh Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, Selasa (28/4/2020).



“Kami mengevaluasi pelaksanaan setiap gelombang” jawab Panji.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan pada pendaftaran gelombang-gelombang seleksi, diketahui banyak peserta yang gagal pada seleksi karena kesalahan tertentu.

Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah karena foto tidak sesuai dengan KTP.

“Lebih karena fotonya tidak sesuai dengan KTP dan tidak dikenali oleh sistem karena kualitas foto yang terlalu terang, terlalu gelap, tidak menghadap kamera, mengenakan kacamata, penutup kepala, dan lainnya” jelas Panji.

Panji menyebutkan bahwa untuk sistem verifikasi yang dilakukan saat ini masih sama dengan gelombang-gelombang sebelumnya. “Masih sama verifikasinya” kata Panji.

Proses verifikasi

Sebelumnya, pada gelombang satu, Panji menuturkan bahwa verifikasi atas data pendaftar program Kartu Prakerja dilakukan secara berlapis.

“Kami fokus dalam melakukan langkah-langkah ekstra untuk memverifikasi identitas peserta gelombang satu agar bantuan pelatihan dan insentif lebih tepat sasaran” terang Panji sebagaimana dikutip Kompas.com (22/4/2020).

Selain itu, untuk mencegah berbagai kecurangan, dilakukan verifikasi NIK peserta dengan NIK akun peserta mitra pembayaran, serta verifikasi foto diri dan foto KTP yang diunggah saat pendaftaran.

“Proses verifikasi dilakukan berlapis untuk mengurangi risiko akun peserta digunakan oleh pihak lain” tambahnya.

Pastikan swafoto sesuai ketentuan Panji juga mengimbau kepada para pendaftar program Kartu Prakerja untuk memastikan swafoto yang diunggah saat mendaftar sesuai dengan ketentuan.

“Juga karena saat verifikasi foto dirinya sulit diidentifikasi sistem karena cahaya gelap, muka tertutup, dan tidak lurus” jelas Panji.

Adapun ketentuan swafoto untuk mendaftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  • Seluruh bagian muka tampak lurus menghadap kamera
  • Atur kecerahan foto agar tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang
  • Jangan menggunakan kacamata

Ketentuan tersebut juga telah disampaikan melalui media sosial Kartu Prakerja.