Gempa 6.1 M Guncang Bitung Hari Ini, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi. Dok: Shutterstock

Bandung, Talamedia.id – Pukul 01.37 WIB, gempa mengguncang daerah Bitung dan sekitarnya, hari ini, 6 April 2020. Menurut data resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tesebut berkekuatan 6.1 Magnitudo.

Dihubungi oleh pihak Antara, Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Sulawesi Utara, Zulkifli mengatakan bahwa gempa tersebut terasa di daerah sekitar Bitung dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa tersebut terasa di Kota Bitung, Manado, Siau Taguladang Biaro (Sitaro), dan tempat-tempat lainnya. Kira-kira dalam skala II-IV Modified Merchalli Intensity (MMI). Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Zulkifli.



BMKG menyatakan episentrum gempa berada pada titik koordinat 1.52 LU 126 BT. Gempa berpusat di laut 122 kilometer Barat Laut Jailolo, Maluku Utara. Kedalaman pusat gempa atau hiposentrum gempa tersebut adalah 10 kilometer di bawah laut.

Bob Wuaten, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro mengatakan bahwa warga sempat keluar rumah saat terjadi gempa.

“Masyarakat sempat keluar rumah. Namun, situasi secara umum aman dan terkendali,” tegas Bob.

Menyikapi kejadian tersebut, pihak BMKG mengingatkan masyarakat Bitung dan sekitarnya tetap waspada akan potensi gempa susulan.

Meniliki lokasi episentrum dan hiposentrumnya, gempa ini tegolong jenis gempa bumi menengah yang terjadi akibat deformasi batuan pada lempeng laut Maluku.

Melansir dari Tempo.co, skala IV dalam skala MMI dapat dirasakan oleh kebanyakan orang yang berada dalam rumah dan oleh beberapa orang di luar rumah. Kekuatan sakala IV MMI dapat menimbulkan bunyi berderik pada jendela atau pintu, serta dapat memecahkan gerabah.

Daeran Indonesia sebagian besar merupakan daerah rawan gempa. Data BMKG mencatat sepanjang 1976-2006 telah terjadi 3.486 gempa bumi bekekuatan lebih dari 6.0 Magnitudo.

(mtd)