Gunung Merapi Meletus, Abu Mencapai 1 Km


Yogyakarta, Talamedia.id – Gunung Merapi kembali meletus pagi ini, Minggu (17/11), sekitar pukul 10.46 WIB. Tinggi kolom abu letusannya mencapai 1 km.

Dilansir Melalui Kumparan.com, “Letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 70 mm dan durasi 155 detik,” tulis akun Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). “Angin bertiup ke arah barat.” Menurut laporan warga di media sosial, hujan abu tipis juga terjadi akibat letusan ini. Salah satunya di Pasar Blabak.

Terjadi letusan di Gunung #Merapi tanggal 17 November 2019 pukul 10:46 WIB. Letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max 70 mm dan durasi 155 detik. Teramati kolom letusan setinggi ±1000 m. Angin bertiup ke Barat. #statuswaspada sejak 21 Mei 2018 pic.twitter.com/UWfIlyJAYw

— BPPTKG (@BPPTKG) November 17, 2019

Terakhir, Gunung Merapi erupsi pada Sabtu (9/11) lalu. Tinggi kolom abu mencapai 1,5 km. Status Gunung Merapi hingga saat ini Waspada sejak 21 Mei 2018.

Foto Letusan Gunung Merapi terkini. Foto: IST Tribun Jogja

PVMBG juga mengimbau warga mengantisipasi dampak abu vulkanik dan awan panas Merapi, serta mewaspadai ancaman aliran lahar ketika hujan turun di sekitar puncak gunung berapi tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengingatkan potensi bahaya dari luncuran awan panas akibat runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Ilustrasi Gunung Merapi meletus. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho).

“Teramati kolom letusan setinggi ±1000 m,” demikian informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi lewat akun Twitter resmi @BPPTKG, Minggu (17/11).

(pal)

Probo Agung Laksono
Reporter