Ini Cara Lain Cairkan Insentif Prakerja

Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja. Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.

Jakarta, Talamedia.id – Peserta Prakerja yang lolos akan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa biaya pelatihan dan insentif.

Adapun biaya pelatihan tersebut sebesar Rp 1 juta, sementara insentif yang bisa didapat adalah sebagai berikut:

insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan insentif survei kebekerjaan Rp 150.000

Namun peserta perlu mengisi nomor rekening atau data bank terlebih dahulu untuk mendapatkan insentif tersebut. Insentif nantinya dikirim ke nomor rekening peserta atau e-wallet.



“(Mengisi) nomor rekening hanya bagi yang (sudah) mendapatkan saldo,” kata Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky kepada Kompas.com, Selasa (28/4).

Lanjutnya, saat ini bank umum negara yang tersedia baru BNI. Tapi ada cara lain. Peserta juga bisa mendapatkan insentif lewat e-wallet GoPay, OVO, dan LinkAja.

Tapi jika ingin mencairkan atau menarik uang tersebut, bisa dengan cara mengirimkannya ke rekening bank yang dimiliki peserta. Berikut ini caranya.

1. OVO

Head of PR OVO Sinta Setyaningsih menjelaskan transfer dari OVO ke rekening bank dapat dilakukan di aplikasi oleh pengguna OVO primier.

Artinya pengguna OVO biasa perlu meng-upgrade aplikasinya terlebih dahulu ke OVO Premier.

Untuk upgrade yang perlu disiapkan hanya KTP saja. Nantinya pengguna akan diminta foto diri dengan memegang KTP.

Cara upgrade-nya dengan masuk ke aplikasi OVO, lalu ketuk banner “Upgrade ke OVO premiere”.

Adapun cara transfer dari OVO ke rekening bank adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi OVO, lalu pilih menu transfer
  2. Pilih bank yang dituju
  3. Ketik nomor rekening bank serta nominal yang akan ditransfer.

Sinta juga menjelaskan, untuk transfer real time akan dikenakan biaya Rp 2.500.

2. GoPay

Melalui laman resmi Gojek diinformasikan bahwa transfer atau kirim saldo GoPay ke rekening bank juga dapat dilakukan.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengirim Saldo GoPay ke rekening bank:

  1. Pastikan sudah upgrade akun GoPay.
  2. Pastikan saat memasukkan Nomor Rekening Bank (Bank Account Number), Nama Rekening Pemilik sudah sesuai dengan pemilik rekening yang dituju.
  3. Tidak bisa melakukan perubahan data rekening bank utama yang sudah terdaftar.
  4. Tidak ada batas maksimum untuk melakukan penarikan saldo GoPay, dan batas minimum penarikan senilai Rp 10.000.
  5. Biaya administrasi penarikan saldo GoPay adalah Rp 2.500.

Pertama-tama untuk bisa melakukan transfer saldo GoPay ke rekening bank, pengguna harus melakukan upgrade akun GoPay terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

  1. Pada menu GoPay, klik Lainnya.
  2. Pada menu paling atas pilih Upgrade ke Gopay Plus.
  3. Lalu pilih Upgrade Sekarang untuk melanjutkan Upgrade Akun GoPay.
  4. Ambil foto kartu identitas (WNI: eKTP & WNA: Paspor).
  5. Ambil foto wajah (selfie) bersama kartu identitas (eKTP/PASPOR) dengan jelas.
  6. Lalu pilih Upgrade Sekarang untuk melanjutkan upgrade ke Gopay Plus.

Setelah itu pengguna perlu menambahkan akun bank. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik Bayar pada menu GoPay.
  2. Lalu pilih Ke rekening bank untuk transfer saldo GoPay.
  3. Pilih Transfer instan ke rekening baru.
  4. Pilih bank tujuan yang diinginkan.
  5. Masukkan nomor rekening baru.
  6. Pilih nama pemilik rekening dan klik Lanjut.
  7. Masukkan jumlah nominal uang yang akan dikirimkan.
  8. Pastikan jumlah transfer atau pengiriman saldo sudah benar.
  9. Klik Konfirmasi untuk melanjutkan dan masukkan PIN.
  10. Jika transfer atau pengiriman saldo ke rekening bank berhasil, pengguna akan melihat rincian transfer.

Lalu jika sebelumnya sudah menambahkan akun bank, bisa langsung transfer saldo GoPay. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik Bayar pada menu GoPay.
  2. Lalu pilih Ke rekening bank untuk transfer saldo GoPay.
  3. Pilih rekening bank tujuan.
  4. Masukkan jumlah nominal uang yang akan dikirimkan.
  5. Pastikan jumlah transfer atau pengiriman saldo sudah benar. Klik Konfirmasi untuk melanjutkan dan masukkan PIN.
  6. Jika transfer atau pengiriman saldo ke rekening bank berhasil, pengguna akan melihat rincian transfer.

3. LinkAja

Dari e-wallet LinkAja juga bisa transfer ke rekening bank. Head of Corporate Communication LinkAja Putri Dianita Ruswaldi menjelaskan untuk bisa melakukan transfer perlu upgrade ke layanan full service.

Caranya dengan membuka LinkAja, lalu pilih menu Kirim Uang di kiri atas.

Setelah itu ikuti langkah-langkahnya. Pengguna perlu menyiapkan e-KTP untuk difoto dan juga foto diri (foto selfie bersama KTP).

Sementara itu untuk transfer dari LinkAja ke rekening bank caranya:

  1. Buka LinkAja lalu pilih menu Kirim Uang
  2. Setelah itu pilih menu transfer ke rekening bank
  3. Isikan data yang diperlukan.

Mengenai biaya admin, Putri menjelaskan transfer ke Himbara gratis, yaitu bank-bank berikut:

  1. BNI
  2. BRI
  3. Mandiri
  4. BTN

Selain bank di atas dikenakan biaya admin Rp 6.500.