Pelatihan Awal Kartu Prakerja Dilakukan Online

Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj

Jakarta, Talamedia.id – Pemerintah telah menggulirkan Kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

Program ini diharapkan efektif dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Namun, muncul penilaian bahwa Kartu Prakerja tidak membuka akses kepada masyarakat bawah karena sejumlah program yang dilakukan secara online.

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja pakerja.go.id, Panji Winanteya Ruky, mengaku bahwa terpaksa menerapkan pelatihan keterampilan secara online pada tahap awal.



Pelatihan secara online ini dinilai paling mungkin dilakukan mengingat wabah Covid-19 mengharuskan masyarakat menerapkan physical distancing.

“Memang di tahap awal ini kami terpaksa memulai dengan pelatihan online dulu untuk memitigasi risiko penularan Covid-19,” kata Panji dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/4/2020).

Panji mengatakan, setelah pandemi berakhir dan kebijakan physical distancing tak lagi berlaku. Pelatihan keterampilan anggota Kartu Prakerja akan dilakukan secara tatap muka.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin mendapat pelatihan secara tatap muka, dapat mendaftar pada gelombang-gelombang selanjutnya.

“Manfaat Kartu Prakerja tidak dialokasikan semua di satu waktu, tapi per minggu sampai dengan akhir November,” ujar Panji.

Pelatihan secara online ini diyakini dapat berjalan baik mengingat program Kartu Prakerja tahap awal lebih menyasar pada kelompok pekerja yang tinggal di perkotaan.

Artinya, mereka yang tinggal di kota memiliki akses internet yang lebih baik sehingga dapat mengikuti pelatihan keterampilan secara online.

“Arahan dari Presiden untuk masa awal ini adalah agar Prakerja mendahulukan pekerja dan pelaku usaha kecil atau mikro yang terdampak,” kata Panji.

(pal)