Polemik Pengelolaan Museum Sejarah Kota Bandung

Bandung, talamedia.id – Pemerintah Kota Bandung saat ini telah memiliki Museum Sejarah Kota Bandung yang diproyeksikan bakal menyimpan arsip sejarah serta perjalanan budaya di Kota Bandung. Namun demikian, museum yang berlokasi di Jalan Aceh, Kota Bandung, tersebut tidak diimbangi dengan pengelolaan yang baik.

“Pengelolaan (Museum Kota Bandung) oleh Pemkot Bandung lewat Disbudpar,” ujar Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kania Sari via pesan singkat WhatsApp, Selasa (27/8/2019).

Dewi menambahkan, Tim Pendirian Museum Kota Bandung yang saat ini masih bekerja di museum tidak bisa disebut sebagai pengelola karena tupoksi dari Tim Museum dibatasi oleh Surat Keputusan (SK) Wali Kota Bandung nomor 648/Kep.598-DisBudpar/2015 tentang pembentukan Tim Pendirian Museum Sejarah Kota Bandung.



SK tersebut dibuat pada tahun 2015 silam dan ditandatangani oleh Wali Kota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. “Tupoksi tim museum sudah jelas diuraikan di SK wali kota 2015,” ujar wanita yang akrab disapa Kenny ini.

Berbeda dengan Dewi, Hermawan Rianto, selaku Ketua Tim Pendirian Museum Kota Bandung mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih berstatus sebagai pengelola museum.

“Asetnya memang punya Disbudpar. Tapi tugas kita masih berjalan dan masih mengelola (museum) sampai siap dibuka,” kata Hermawan. Lebih lanjut Hermawan menambahkan, dalam SK yang ditandatangani Ridwan Kamil tersebut disebutkan bahwa tugas dari Tim Pendirian Museum Kota Bandung adalah mengisi seluruh materi museum hingga membuat program pengelolaan.

Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dan Tim Museum Kota Bandung saling klaim terkait pengelolaan.

Saat ini, lanjut dia, dari sekitar 10 ruangan yang diproyeksikan, baru dua ruangan yang sudah terisi materi. “Nanti kalau sudah selesai dan semua ruangan sudah terisi materi baru diserahterimakan ke Pemkot Bandung,” ucapnya.

Hermawan mengatakan, Tim Pendirian Museum Sejarah Kota Bandung hingga kini belum bisa menyelesaikan tugas lantaran hingga tahun 2020 tidak ada lagi anggaran dari Pemerintah Kota Bandung untuk penambahan materi Museum Sejarah Kota Bandung.

Dengan demikian, Hermawan mengatakan pengelolaan museum masih menjadi kewenangan dari Tim Pendirian Museum Kota Bandung. “Kalau makin cepat suport dari pemerintah, makin cepat tugas kita selesai,” tandasnya.

Probo Agung Laksono
Reporter