Aplikasi Zoom Berbahaya, ini Cara mengatasinya

Aplikasi Zoom Conference. Dok: Shutterstock

Jakarta, Talamedia.id – Beberapa waktu belakangan ini sebuah aplikasi video call bernama Zoom sering digunakan. Zoom kini dianggap sebagai aplikasi video conference yang paling populer.

Anjuran physical distancing dan lockdown di sejumlah negara membuat banyak orang harus melakukan pertemuan secara virtual. Zoom pun menjadi pilihan karena mudah digunakan dan gratis.

Namun ternyata keamanan Zoom akhir-akhir ini menjadi sorotan. Pasalnya, terdapat beberapa laporan soal Zoombombing, yakni saat ada orang yang tidak diundang masuk ke pertemuan virtual Zoom dan melakukan hal yang mengganggu.



Sepertu dilansir melalui Kumparan, berikut ini beberapa cara aman untuk melakukan video conference di Zoom yang perlu Anda ketahui:

Update

Pertama-tama update aplikasi Zoom ke versi terbaru. Setelah mengupdate aplikasi tersebut, anda dapat mengubah dan menyesuaikan pengaturan keamanan

Menyesuaikan Pengaturan keamanan

  1. Buka Pengaturan,
  2. lalu pada dialog Schedule Meeting,
  3. matikan opsi Join Before Host. Jika anda merupakan host, fitur ini membuat peserta yang akan bergabung dalam rapat dimasukkan dalam Waiting Room atau ruang tunggu hingga Anda online.
  4. Pastikan juga Only authenticated users can join meetings dan Require a password when scheduling new meetings aktif.
  5. Pada dialog In Meeting (Basic) klik kotak kecil di samping Prevent Participant from Saving Chat. Akan muncul tanda centang jika berhasil.
  6. Tindakan ini mencegah peserta rapat menyimpanan salinan obrolan yang dapat dibagikan di luar.

Jangan Bagikan Tautan Sembarangan

  • Bagikan tautan rapat, ID, dan password hanya kepada orang-orang yang akan mengikuti pertemuan atau mengikuti video conference bersama anda.
  • Fitur ganti background di Zoom tidak hanya digunakan untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik dan lucu.
  • Anda disarankan untuk mengganti background dengan gambar lain agar lokasi tempat tinggal tidak terdeteksi dengan mudah.
  • Jika semua peserta telah hadir, sebaiknya kunci dengan fitur ‘lock meeting’ agar tidak ada lagi orang yang bisa bergabung dalam pertemuan tersebut.

Cara mengaktifkan Lock Meeting

  1. Pada jendela sesi, klik Manage Participant
  2. Klik More> Lock Meeting
  3. Pastikan Anda memiliki firewall dan perangkat keamanan komputer yang sesuai dan aktif.
  4. Selalu update firewall dan anti virus.
  5. Jika memungkinkan, host dan peserta dapat menggunakan VPN untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan Zoom.

Download Aplikasi ZOOM

Perusahan yang melarang pakai aplikasi Zoom

  • SpaceX melarang karyawan menggunakan aplikasi Zoom karena aplikasi ini tidak aman dan perusahaan banyak menerima kontrak dari negara yang bersifat rahasia.
  • Google melarang adanya aplikasi Zoom di laptop karyawan yang dipakai untuk bekerja atau komputer kantor. Namun masih mengizinkan penggunaan aplikasi Zoom melalui ponsel.
  • Smart Communication, perusahaan Internet Services Provider ini melarang asal Filipina ini melarang penggunaan Zoom di internal perusahaan.

Lembaga yang melarang pakai aplikasi Zoom

  • Taiwan melarang penggunaan aplikasi Zoom di semua lembaga pemerintahan.
  • Kementerian Luar Negeri Jerman membatasi penggunaan Zoom hanya untuk komputer pribadi dan situasi darurat saja.
  • India Jadi negara terbaru yang melarang penggunaan Zoom oleh pegawai pemerintah. Pemerintah mengganggap aplikasi ini tak aman.
  • Senat Amerika Serikat telah mendesak anggotanya untuk memilih platform selain Zoom karena masalah keamanan, tetapi belum mengeluarkan larangan langsung.
  • Angkatan Pertahanan Australia melarang anggotanya menggunakan Zoom setelah komedian Australia mengakses secara tak resmi salah satu pertemuan mereka.
Probo Agung Laksono
Reporter