Apple Rilis iPhone 11

Launching handphone Iphone 11 dan saudaranya. Foto : Istimewa

Talamedia.id – Selain fitur-fitur anyar, harganya yang lebih murah dari generasi sebelumnya juga jadi sorotan. Apple dinilai sudah sadar.

iPhone 11 yang menjadi versi paling murah, dijual USD 699, lebih rendah USD 50 dari harga iPhone XR saat pertama keluar tahun silam. Ini adalah langkah tak biasa bagi Apple karena biasanya selalu mempertahankan harga premium iPhone.

Analis yakin strategi harga Apple baru ini adalah untuk menggairahkan kembali penjualan iPhone yang belakangan menurun. “Apple telah menunjukkan kemampuan menjadi taktis dan memahami pasar yang dinamis,” sebut Wamsi Mohan, analis di Bank of Amerika Merrill Lynch.

Meluncurkan trio iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max pada Rabu (11/9). Di saat yang bersamaan, Apple mengumumkan telah menurunkan harga jual iPhone XR dan iPhone lawas lainnya.

Sementara itu, harga iPhone 8 diturunkan ke harga US$450 atau sekitar Rp6,3 juta dari US$600 atau sekitar Rp8,4 juta.

iPhone 8 Plus juga diturunkan ke harga US$550 dari US$700. iPhone 8 sendiri merupakan model iPhone yang diluncurkan dua tahun lalu. Kedua versi iPhone 8 juga mengalami penurunan harga hampir Rp2,1 juta.

Melalui situs resminya, Apple telah meniadakan iPhone 7, iPhone XS, dan iPHone XS Max dari jajaran ponselnya. iPhone XS dan XS Max yang baru berusia satu tahun dihapus karena diduga memiliki desain yang hampir mirip dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Apple akan mengandalkan penjualan dari iPhone 11 Pro (US$700), iPhone 11 Pro (US$1000) dan iPhone 11 Pro Max (US$1100). Ketiga ponsel tersebut diumumkan di Steve Jobs Theater, Cupertino, California.

Apple juga meluncurkan Apple Watch 5 dan iPad 7th gen untuk memeriahkan peluncuran iPhone terbaru. Tak hanya itu, Apple juga memperkenalkan ‘proyek’ bagi pengguna jam tangannya untuk mengkostumisasai tali jam lewat Watch Studio.

Probo Agung Laksono
Reporter