Cara Gunakan “ZOOM” di HP dan Laptop untuk Video Conference

Bandung, Talamedia.id – Selama terjadi wabah covid-19, sejumlah instansi diminta untuk membuat kebijakan work from home (WFH) alias kerja dari rumah. Meski tidak bisa bertatap muka saat WFH, koordinasi pekerjaan harus tetap berjalan lewat aplikasi video conference untuk virtual meeting. Salah satu aplikasi terbaik untuk melakukan teleconference penunjang pekerjaan ialah Zoom Cloud Meetings.

Zoom cukup banyak digunakan oleh masyarakat yang sedang WFH. Aplikasi ini dapat digunakan baik di PC atau laptop mau pun di smartphone Android atau iPhone. Selain memiliki fungsi untuk video conference, aplikasi Zoom dibekali dengan fitur membagi layar yang memuat seluruh peserta hingga 100 orang di virtual meeting tersebut, serta dukungan Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen.

Selain itu, pengguna juga bisa mengundang partisipan untuk bergabung ke video conference lewat nomor HP dan email. Pengguna juga bisa melakukan presentasi langsung dengan membuka file seperti Power Point dan membagikan tampilan layar laptop ke partisipan lain. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom untuk video conference? Berikut langkah-langkahnya dikutip dari kumparan.com



Cara pakai Zoom di PC atau laptop

  1. Masuk ke situs https://zoom.us/. Sebelum menggunakan aplikasi ini, buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk ke laman utama dan klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  3. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference yang telah dibuat. Selain itu kamu juga bisa mengcopy link sharing jika diakses dari browser.
  4. Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat pemilik meeting.
  5. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  6. Klik Join dan virtual meeting sudah siap digunakan.
Zoom Video Converencing. Dok: Finder

Cara pakai Zoom di HP Android atau iPhone

  1. Download aplikasi Zoom di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  2. Sign Up akun menggunakan email atau akun Facebook.
  3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  4. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan akan diundang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  5. Seperti di PC atau laptop, jika kamu adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, kamu tidak perlu memiliki akun. Kamu cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat pemilik meeting.
  6. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  7. Partisipan juga bisa menyalin meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting, dan ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.

(rtp)