Dukung Social Distancing, Smartfren dan Telkomsel Ubah Sinyal

illustrasi. Dok: TALAMEDIA/mfd

Bandung, Talamedia.id – Sejak 16 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Tujuannya tak lain adalah untuk meminimalisir penularan Covid-19 di Indonesia. Berbagai operator seluler pun menyediakan layanan kuota gratis terhadap beberapa situs pendidikan. Hal tersebut dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah.

 Tidak hanya memanjakan dengan produknya, mereka juga mengingatkan pelanggan agar tetap berada di rumah. Seperti yang dilakukan Telkomsel dan Smartfren. Kedua operator seluler ini menyematkan fitur “Network Name” atau tulisan di sisi kanan informasi sinyal/jaringan.

Untuk Smartfren mengingatkan penggunanya dengan tulisan “Stay Safe” (tetap aman). Sementara Telkomsel, tulisan yang tertera adalah “DiRumahAja”.



“Tulisan itu memang sengaja dibuat untuk mengingatkan pelanggan Smartfren agar selalu menjaga keselamatan dan kesehatan selama pandemik corona,” kata Munir Syahda Prabowo, VP Technolgy Relations and Special Project Smartfren dikutip dari KompasTekno.

Hal serupa juga diungkapkan Telkomsel. Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, mengatakan fitur Network Name ini akan muncul hingga kondisi penanganan pandemi Covid-19 sudah dinyatakan membaik oleh pemerintah.

“Penggunaan fitur network name untuk sosialisasi himbauan Di Rumah Saja sudah dimulai sejak 24 Maret 2020,” ujar Denny.
Hal ini cukup jadi perbincangan warganet, terutama di Twitter. Mereka mengunggah foto tangakapan layar utama sambil memamerkan tulisan tersebut.

Sebagian besar di antaranya menyambut baik cara ini. Beberapa mengungkapkan terima kasih karena telah diingatkan operator seluler yang mereka gunakan agar tetap di rumah saja. Seperti yang diunggah salah satu influencer pengguna Telkomsel, Fiersa Besari. 

“Saya apresiasi “Tsel-DiRumahAja”. Tapi akan lebih baik lagi kalau “Tsel-DiRumahAjaSekalianBukaBlokirNetflix”,” kicau Fiersa di akun pribadinya @FiersaBesari. 

Hal senada juga disampaikan oleh pengguna twitter @adnkinanti. “Dapat salam stay safe dari smartfren HAHAHAH️” cuitnya. 
Imbauan untuk tetap di rumah kian masif di media sosial. Pemerintah sendiri menetapkan masa darurat Covid-19 hingga 29 Mei mendatang.

(mfd) 

Reporter
Latest posts by Redaksi Talamedia (see all)