Games Google Doodle Hari Ini Terinspirasi dari Oskar Fischinger

Mesin pencarian Google kembali menampilkan seri game doodle. Kali ini Google menghias tampilannya dengan karya seni abstrak yang terinspirasi Oskar Fischinger. Dok: Google Doodle

Jakarta, Talamedia.id – Mesin pencarian Google kembali menampilkan seri game doodle. Kali ini Google menghias tampilannya dengan karya seni abstrak yang terinspirasi Oskar Fischinger.

“Tetap tinggal dan bermain di rumah dengan Google Doodle yang dulu populer: Oskar Fischinger,” kutipan yang muncul di tampilan.

Selain ilustrasi pengguna juga dapat bermain game musik dengan komposisi sederhana jika menekan doodle tersebut.

“Musik tidak hanya berupa suara. Ada musik dalam dunia visual,” demikian kutipan yang muncul sebelum bermain musik.



Oskar Wilhelm Fischinger merupakan seorang animator abstrak, pembuat film, dan pelukis berdarah Jerman-Amerika asal Gelnhausen, Jerman, yang lahir pada 22 Juni 1900 dan tutup usia di Los Angeles, 31 Januari 1967.

Dikenal karena karyanya di bidang animasi musik abstrak beberapa dekade sebelum munculnya komputer grafis dan video musik.

Fischinger terlibat dalam karya efek khusus di film panjang berjudul ‘Woman in the Moon’ karya Fritz Lang yang tayang pada tahun 1929, salah satu film fiksi ilmiah bertema luar angkasa yang diproduksi pada zamannya.

Semasa hidupnya, total ia menghasilkan lebih dari 50 film pendek. Menciptakan sekitar 800 karya lukis dalam kanvas, yang di antaranya sudah masuk ke dalam banyak museum di seluruh dunia.

Karyanya yang paling besar adalah film pendek berjudul Motion Painting No. 1 (1947), sebuah film pendek yang menggabungkan musik klasik berjudul ‘Brandenburg Concerto no. 3, BWV 1048’ oleh Johann Sebastian Bach dengan gabungan gambar-gambar yang membentuk gerak henti dalam tumpukan kaca akrilik.

Karya ini pun masuk ke dalam salah satu arsip di Pendaftaran Film Nasional milik Perpustakaan Kongres Amerika Serikat dengan alasan “secara kultural, historis, atau estetis signifikan.”

Seperti yang diketahui Google, mesin pencarian terbesar tersebut akan memberikan berbagai informasi seputar wabah COVID-19 yang saat ini tengah menyebar di seluruh dunia.

“Seiring Covid-19 terus memengaruhi komunitas di seluruh dunia, orang-orang dan keluarga di mana pun menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sehubungan dengan ini, kami meluncurkan seri doodle throwback sambil melihat kembali beberapa game Google Doodle interaktif populer kami. Bermain dan tetap di rumah dengan fitur unggulan hari ini: Game doodle tahun 2017 ketika kami merayakan Oskar Fischinger,” tulis Google dalam laman resmi.

Sebelumnya, game doodle menampilkan permainan Coding untuk merayakan 50 tahun pengkodean anak-anak di tahun 2017. Game tersebut membuat permainan coding lebih menyenangkan dan interaktif untuk anak-anak.

Probo Agung Laksono
Reporter