Google Batalkan Lelucon Hari April Mop Karena Virus Corona

GOOGLE meniadakan tradisi April Mop tahun ini untuk menghormati pandemi virus corona. – Foto: ANTARA

Talamedia.id – Perusahaan raksasa teknologi Google telah membatalkan pengumuman lelucon Hari April Mop sebagai tanda bahwa dunia saat ini sedang dalam pertempuran melawan virus corona.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan bahwa mereka berfokus pada “membantu kemanusiaan” dan tidak akan merilis lelucon tipuan April Mop seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Independent Rabu, 1 April 2020 disebutkan bahwa Google yang biasanya merilis banyak lelucon April Mop setiap tahunnya yang dimaksudkan sebagai komedi kecil untuk menghibur para pengguna internet di dunia.

Google biasanya akan merilis banyak fitur lelucon April Mop kepada publik dan memungkinkan mereka untuk bermain pada hari itu juga sebagai salah satu bentuk perayaan pergantian bulan dari Maret ke April.



Ada begitu banyak lelucon yang telah Google berikan yang terarsipkan dalam Wikipedia setiap tahunnya.

Tradisi April Mop dimulai pada tahun 2000 segera setelah Google pertama kali dibentuk.

Namun bukan tanpa cacat. Lelucon April Mop pada tahun 2016, misalnya Google memperkenalkan fitur “mic drop” untuk Gmail yang disalahgunakan yang membuat orang-orang yang memakai lelucon itu kehilangan pekerjaan dan terkesan menghina teman dan kolega.

Pada tahun itu juga Google telah meminta maaf atas fitur lelucon April Mop yang dikatakan salah sasaran dan malah membuat orang-orang di dunia mengalami malapetaka.

Pada tahun 2020 ini, Google memutuskan untuk membatalkan lelucon April Mop dengan mendesak staf untuk tidak mengumumkan fitur lelucon seperti itu mengingat saat ini dunia sedang dalam krisis kesehatan yang serius.

Namun, lelucon April Mop tahun depan bisa saja kembali ketika dunia sudah bisa normal dan jauh lebih baik dari sekarang yang sedang menghadapi pandemi virus corona.

Kepala Marketing Google Lorraine Twohill, mendesak para manajer dalam sebuah tulisan memo yang dirilis oleh Business Insider dan dikonfirmasi oleh The Independent, untuk memastikan bahwa tim Google tidak perlu membuat proyek lelucon April Mop tahun ini.

“Tujuan tertinggi kami saat ini adalah untuk membantu orang, jadi mari kita simpan lelucon untuk April mendatang, yang pasti akan jauh lebih terang daripada hari ini,” kata Twohill.

“Kami sudah membatalkan lelucon April Mop, mungkin ada proyek-proyek kecil di dalam tim yang tidak kami ketahui. Upaya-upaya itu kami harap tim Anda berhenti pada lelucon apa pun yang mungkin telah direncanakan secara internal atau eksternal,” ungkapnya.

Sementara itu, Microsoft sudah memilih untuk menghentikan lelucon sejak tahun lalu. Sebuah pesan dari kepala pemasarannya mencatat bahwa lelucon itu sering kali tidak lucu, dapat memiliki dampak positif yang terbatas, menghasilkan “siklus berita yang tidak diinginkan” dan bahwa ada lebih banyak kerugian daripada keuntungan dengan mencoba menjadi lucu pada saat seperti ini.

(ikb)

Sumber: Pikiran Rakyat

Ikbal Tawakal
Reporter