Google Meet dan Zoom: Media Alternatif saat Work From Home

Kebijakan work from home membuat orang-orang berinteraksi melalui layanan digital dan online. Dok: pexels

Bandung, Talamedia.id – Virus Corona COVID-19 kian merebak, social distancing tengah digembar-gembor untuk meminimalisir penyebaran corona. Kebijakan work from home dan #dirumahaja pun diterapkan berbagai perusahaan dan sekolah-sekolah. Untuk itu, layanan digital dan online sangat dibutuhkan agar tetap produktif.

Salah satu layanan yang dapat digunakan adalah Google Meet. Software Google Meet merupakan milik Google yang dapat mempermudah koordinasi secara online. 

Mengutip dari Software Advice, Google Meet dapat menampung hingga 30 pengguna untuk melakukan panggilan video. Google Meet juga dapat melakukan live streaming dengan 100 ribu penonton. Dari itu, Google Meet bisa menjadi layanan alternatif untuk berinteraksi secara online, baik untuk rapat kerja maupun kegiatan pembelajaran jarak jauh. 



Turut mendukung gerakan social distancing, Goggle memutuskan agar Google Meet dapat diakses secara gratis.

Megutip dari Engadget.com, layanan premium tersebut telah digratiskan hingga tanggal 1 Juli 2020 mendatang. Setidaknya Goggle Meet dapat digunakan secara gratis selama kebijakan work from home, atau kerja dari rumah masih diberlakukan.

Selain itu, aplikasi Zoom Cloud Meeting juga dapat digunakan sebagai alternatif. Zoom merupakan aplikasi komunikasi yang menggunakan video. Zoom yang berbasis multi platform, membuat aplikasi ini dapat diakses melaui PC maupun smartphone. Mengutip dari Kumparan.com, saat ini Zoom merupakan aplikasi yang digunakan untuk menunjang aktivitas work from home.

Zoom tidak memakan memori yang cukup banyak dan membutuhkan bandwith yang ringan. Aplikasi Zoom dapat menampung hingga 1.000 pengguna dalam panggilam videonya. Namun, untuk fitur gratis, Zoom membatasi fasilitasnya. Zoom gratis hanya bisa melakukan panggilan video maksimal dengan 100 pengguna dalam durasi 40 menit. 

Meskipun dibatasi, Zoom sudah sangat mendukung sebagai media interaksi secara online. Hal ini dikarenakan Zoom memiliki fitur screen share, video dengan resolusi HD, serta suara panggilan yang dapat direkam.

(mtd/pal)