Mendengarkan dengan Apple Podcasts

Temukan dan berlangganan kisah audio yang menghibur, informatif, dan menginspirasi di Apple Podcasts pada iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple TV Anda. 

Jelajahi episode dan acara audio

gratis mengenai topik yang berkisar dari komedi dan sains hingga berita dan politik di Apple Podcasts pada iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple TV Anda. 

Menjelajahi Apple Podcasts 

Navigasikan Apple Podcasts dengan tab di bagian bawah layar di iPhone, iPad, atau iPod touch Anda. Di Apple TV, geser ke bawah pada Siri Remote atau Apple TV Remote untuk melihat menu navigasi. 

Dengarkan Sekarang 

Di tab ini, Anda akan melihat episode baru dan belum diputar dari acara langganan Anda dan episode yang baru ditambahkan. Ketuk acara untuk mendengarkan. Setelah episode terbaru selesai, episode dari acara tersebut yang belum diputar di Perpustakaan Anda akan otomatis diputar berikutnya. Anda juga akan melihat acara yang mungkin Anda sukai dan acara yang terakhir diputar. 

Perpustakaan 

Lihat semua acara dan episode yang telah ditambahkan ke Perpustakaan, bahkan jika Anda tidak berlangganan. Ketuk Episode yang Diunduh untuk hanya melihat podcast yang Anda unduh, dan untuk mendengarkan tanpa data seluler atau Wi-Fi.1 

Anda dapat membuat stasiun khusus atau menambahkan podcast langganan melalui situs web. Ketuk Edit di sudut kanan atas, lalu ketuk Stasiun Baru atau Tambah Podcast dengan URL. 

Telusuri 

Lihat yang baru dan yang menempati urutan teratas peringkat podcast di tab ini. Ketuk salah satu episode untuk mulai mendengarkan atau ketuk tambahkan  untuk menambahkannya ke Perpustakan agar Anda dapat mendengarkannya nanti. 

Cari 

Gunakan tab ini untuk mencari episode, acara, penyedia, atau topik tertentu. Ketuk bidang pencarian, lalu ketuk Semua Podcast atau Perpustakaan Anda untuk mencari seluruh katalog Apple Podcasts atau hanya Perpustakaan Anda. 

Mendengarkan acara 

Saat Anda memutar episode di Apple Podcasts pada perangkat iOS, pemutar akan muncul di bagian bawah layar. Ketuk pemutar untuk membuka layar Sedang Diputar2, yang menunjukkan semua kontrol pemutaran. 
 

Mengontrol pemutaran 

Dari Sedang Diputar, berikut tindakan yang dapat Anda lakukan: 

  • Kontrol volume suara. 
  • Putar dan jeda episode. 
  • Ketuk 15 detik mundur  atau 30 detik maju cepat  untuk melewati satu episode. 
  • Ketuk ikon kecepatan pemutaran  untuk mengubah kecepatan pemutaran. 
  • Di iPhone, iPad, dan iPod touch, Anda juga dapat mengetuk tujuan pemutaran untuk mengubah perangkat yang memutar audio Anda
  • Geser ke atas, lalu lihat catatan episode dan daftar episode yang antre untuk diputar berikutnya. Di sini, Anda juga dapat mengetuk Timer Tidur untuk berhenti memutar podcast setelah jangka waktu tertentu.  

Untuk keluar dari layar penuh, ketuk tutup  atau geser ke bawah dari bagian atas pemutar. 

Berlangganan acara 

  1. Temukan acara yang Anda sukai di Apple Podcasts. 
  1. Ketuk untuk membuka halaman info acara. 
  1. Ketuk Berlangganan. Sekarang, episode baru akan otomatis diunduh3 secara gratis dan Anda mendapatkan notifikasi4 setelah tersedia.  

Jika Anda berhenti mendengarkan acara untuk sementara waktu, Apple Podcasts mungkin akan menghentikan sementara langganan Anda. Acara dan episode yang telah diunduh akan tetap berada di perpustakaan Anda, tetapi episode baru mungkin tidak diperbarui. Untuk terus mendapatkan episode baru, berlangganan lagi. 

Berikut cara berhenti berlangganan acara: 

  1. Ketuk acara untuk membuka halaman informasinya. 
  1. Ketuk lainnya . 
  1. Ketuk Berhenti berlangganan. Episode baru tidak akan diunduh ke perangkat Anda, namun episode yang sudah ada di Perpustakaan Anda tidak akan dihapus. 

Cara lain untuk mendengarkan Apple Podcasts 

Kendali berada di ujung jari atau suara Anda. Tanya Siri “what can I do?” (apa yang dapat saya lakukan?) untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perintah Siri pada podcast dan audio. Anda juga dapat: 

Mengunduh atau menghapus episode 

Jika Anda ingin mendengarkan secara offline, berikut caranya: 

  1. Temukan episode di Perpustakaan Anda atau Telusuri. 
  1. Ketuk unduhan   di sebelah nama episode tersebut. Atau, jika Anda melihat ikon tambah, ketuk ikon, lalu ketuk unduh . 

Jika Anda tidak melihat unduhan , episode telah diunduh ke perangkat Anda.5 

Episode secara otomatis akan dihapus 24 jam setelah Anda memutarnya, atau Anda dapat menghapusnya secara manual: 

  1. Temukan acaranya di Perpustakaan Anda. 
  1. Ketuk acara untuk membuka halaman informasinya. 
  1. Geser ke kiri pada episode. 
  1. Ketuk Hapus.6 

Jika Anda ingin menandai episode yang telah diputar untuk menghapusnya dari antrean, berikut caranya: 

  1. Buka tab  Dengarkan Sekarang. 
  1. Temukan episode yang ingin Anda hapus. 
  1. Tekan lama, lalu ketuk Tandai Sebagai Diputar.  

Mengubah pengaturan 

Di perangkat iOS, buka Pengaturan > Podcast. Di sana, Anda dapat menyesuaikan pengaturan berikut: 

  • Sinkronisasikan Apple Podcasts: Jaga agar Perpustakaan Podcast Anda tetap sama di semua perangkat Anda. Jeda episode di satu perangkat, lalu lanjutkan pemutaran di perangkat lain. 
  • Pemutaran Berkelanjutan: Pilih apakah episode acara atau stasiun berikutnya akan diputar secara otomatis setelah satu episode selesai. 
  • Data Seluler: Kontrol apakah Apple Podcasts dapat melakukan streaming acara saat iPhone atau iPad Anda menggunakan data seluler. 
  • Mengunduh Episode: Atur apakah episode baru atau episode yang belum diputar diunduh ke perangkat Anda. 
Inserting image...

Pada halaman produk podcast, Anda juga dapat mengontrol pengaturan khusus untuk acara tersebut dengan mengetuk lainnya , lalu mengetuk pengaturan 

Probo Agung Laksono
Reporter