Blokir Netflix Resmi dibuka oleh Telkom

Ilustrasi. Telkom sudah buka blokir Netflix, namun tak semua pengguna sudah bisa menakses. Dok: Ist

Jakarta, Talamedia.id – Beberapa waktu lalu Telkom Group berjanji akan segera membuka blokir layanan Netflix. Akhirnya janji itu ditepati.

Pelanggan layanan internet IndiHome dan pengguna operator seluler Telkomsel melaporkan sudah bisa mengakses Netflix saat ini.

Sejak Selasa (7/7/2020) pagi, sejumlah pengguna IndiHome mengaku bisa mengakses Netflix lewat IndiHome. Meskipun demikian, sejumlah pengguna mengaku belum bisa mengaksesnya.

Layanan streaming film Netflix sudah bisa diakses secara luas melalui jaringan internet Indihome pada Selasa siang, mulai pukul 12.00 WIB. Sementara pengguna Telkomsel baru bisa mengakses Netflix sekitar pukul 13.30 WIB.

Saat dijajal melalui aplikasi dan browser, Netflix sudah bisa menampilkan menu awal dan menayangkan film-film. Begitu pula saat menggunakan internet seluler Telkomsel.

Netflix sudah bisa diakses baik melalui aplikasi, mobile web, maupun lewat metode tethering ke perangkat komputer.

Jika benar blokir sudah dibuka Telkom Group, akses ke Netflix tampaknya belum merata di semua pengguna Indihome. Masih ada pengguna yang melaporkan sama sekali belum bisa mengakses, baik dari aplikasi maupun browser.

Ada juga yang sudah bisa di aplikasi ponsel, tetapi belum bisa membuka Netflix dari browser di PC/laptop. Dikutip KompasTekno telah meminta konfirmasi dari PT Telkom. Namun, belum mendapat respons hingga berita ini ditulis.

Seperti diketahui, akses layanan film dan tayangan di Netflix diblokir oleh Telkom sejak 27 Januari 2016, tahun ketika layanan hiburan asal Amerika Serikat itu hadir ke Indonesia. Alasannya, Netflix dianggap belum memenuhi regulasi.

Probo Agung Laksono
Reporter