7 Fitur Instagram Terbaru 2021, Wajib dicoba

Tampak muka Instagram. Foto: Ist

Talamedia.id – Instagram semakin menapakkan kaki sebagai salah satu aplikasi media sosial paling populer dan terbaik di dunia. Tahun 2020 saja, aplikasi ini sudah didownload lebih dari 1 miliar pengguna smartphone.

Nggak heran, Instagram atau IG berusaha keras untuk mengembangkan fitur-fitur terbarunya demi menjaring lebih banyak pengguna.

Tercatat sudah ada puluhan fitur Instagram story terbaru di tahun 2020 yang sudah maupun siap diluncurkan di kalangan pengguna media sosial. Penasaran nggak kira-kira apa aja fitur IG terbaru yang sudah siap dipakai? Simak ulasan berikut ini!

Sejak dirilis pada tahun 2010, Instagram makin mengepakkan sayapnya dengan menciptakan serangkaian inovasi dan fitur-fitur yang mendukung kesejahteraan penggunanya, biarpun IG beberapa kali dituduh menjiplak fitur media sosial lainnya.

Meskipun demikian, masih ada bug yang harus diperbaiki, mulai dari story Instagram yang terpotong di HP Samsung dan sejenisnya maupun Instagram yang tidak full screen. Hal ini diakibatkan karena beberapa faktor, salah satunya karena perbedaan resolusi gadget HP yang digunakan.

Untuk lebih jelasnya mengenai fitur IG terbaru yang jarang diketahui dan pastinya keren abis, silakan simak ulasan di bawah ini!

1. Tampilan Baru Bio IG

Sadar nggak sih, geng, saat memasuki tahun 2021, ada perubahan desain yang cukup signifikan pada halaman profil IG? Betul, Instagram melakukan beberapa perombakan besar-besaran pada desain user interface nya, salah satunya pada halaman Bio.

Sumber foto: Reseller Indo

Dulu, jika kamu lihat, halaman Bio IG dipenuhi dengan informasi bertumpuk seperti Edit Profile, Promotion, Open Archive, dan Email. Sekarang tampilan Instagram terbaru lebih segar dan kece!

Saat ini, Instagram benar-benar berfokus memperlihatkan jumlah followers dan following serta memperbesar space untuk menulis Bio. Jadi, pastikan kamu merapikan Bio Instagrammu biar makin dilirik followers baru ya, geng!

2. Fitur Restrict untuk Anti Bully

Salah satu fitur baru IG yang paling dinanti-nanti penggunanya adalah fitur Restrict. Fitur ini didesain khusus untuk membatasi pengguna Instagram yang dianggap melakukan bullying dalam bentuk apapun.

Berbeda dengan fitur Blockir, fitur ini masih memungkinkan pengguna yang kita restrict untuk melihat postingan akun kita. Namun, ia akan sangat dibatasi untuk berinteraksi dengan akun kita, salah satunya, ia nggak akan bisa melihat Instagram Story dan DM yang ia kirim akan masuk ke Request Message.

Caranya menggunakan fitur Restrict ini gampang banget, geng. Berikut panduannya! 1. Masuk ke akun pengguna IG yang hendak kamu restrict. 2. Setelah itu, tap simbol titik tiga di bagian kanan atas, lalu tap Restrict.

Selesai! Akun tersebut sudah dibatasi interaksinya dengan akunmu.

3. Instagram Reels

fitur Instagram Story terbaru tahun 2021 yang harus kamu coba adalah Instagram Reels. Fitur ini diciptakan untuk menyaingi popularitas TikTok yang sedang naik daun belakangan ini.

Nantinya, pengguna dapat merekam video dengan durasi 15 detik. Mirip-mirip dengan TikTok, video tersebut dapat diedit dengan menambahkan musik atau audio lainnya. Aneka effect menarik pun juga bisa ditambahkan secara kreatif.

Hanya saja, fitur ini masih dalam tahap uji coba dan baru bisa dipakai di beberapa akun saja. Tapi tenang geng, kamu sudah bisa mendapatkan dan menikmati fitur ini paling lambat akhir tahun. Bikin gak sabar nih!

4. Activity

Fitur terbaru di Instagram yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan fisik dan mentalmu. Loh kok bisa? Gini geng, tahukah kamu bahwa terlalu lama menatap membuka media sosial berdampak kurang baik terhadap kondisi psikologismu?

Selain itu, terlalu lama berdiam sambil menatap layar HP juga berdampak buruk bagi kondisi fisikmu. Maka dari itu diciptakanlah fitur baru Instagram bernama Activity. Nantinya, berapa lama kamu bermain Instagram bakal tercatat tiap harinya dalam satuan menit.

Dengan fitur IG ini, seseorang bisa melakukan kontrol terhadap seberapa lamanya ia bermain media sosial. Fitur ini juga bisa dipakai orang tua dalam mengontrol anak-anaknya agar tidak terlalu lama bermain Instagram.

Bahkan, fitur ini juga menyajikan alarm untuk membatasi waktu untuk bermain IG. Jadi nggak usah khawatir lagi kebablasan bermain Instagram, geng. Berikut cara menggunakan fitur IG terbaru yang satu ini!

  1. Masuk ke halaman Account/Akun.
  2. Setelah itu, klik simbol titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Tap opsi Your Activity.
  4. Selesai!

Dari sana kamu bisa melihat aktivitas bermedia sosialmu di Instagram. Hayo, siapa yang penggunaannya melebihi 1 jam dalam sehari?

5. Verification Request

Tahukah kalau sebenarnya kamu bisa mendapatkan lambang centang biru alias verified dari Instagram? Betul sekali! Dengan logo tersebut, kamu bisa merasakan kenikmatan jadi tokoh publik seperti selebriti.

Sumber: Forbes

Selain itu, kamu bakal merasakan aneka fitur eksklusif layaknya akun verified, salah satunya adalah akses promosi yang lebih besar dan luas serta mendapatkan followers yang lebih banyak.

Supaya kamu bisa mendapatkan centang biru di Instagram, kamu harus melakukan beberapa tahapan.

6. Aneka Fitur Sticker Terbaru di Instagram Story

Nah, kalau fitur yang satu ini bakal selalu update setiap ada event-event besar di dunia. Seperti contohnya event Pride Month yang jatuh pada bulan Juni tiap tahun. Pada saat ini, Instagram bakal mengunggah sederet sticker menarik guna mendukung Pride March.

Nggak cuma itu aja. Instagram juga mendukung fitur Sticker based on location. Maksudnya, ketika kamu berada di lokasi tertentu, sticker tersebut baru bisa muncul. Contohlah seperti sticker Jakarta yang hanya muncul di kawasan Jabodetabek.

Silakan dicoba satu-satu fitur baru pada Instagram Stories di tahun 2021 ini biar kamu bisa makin terkenal dan dipandang, khususnya buat kamu yang ingin tahu caranya jadi selebgram. Pastinya keren banget!

7. Sticker Stay Home untuk Dukung Physical Distancing

Dengan merebaknya pandemi virus Covid-19 (Corona), berbagai macam organisasi dan perusahaan melakukan aksi untuk mendukung aktivitas physical distancing.

Inipun juga dilakukan oleh Instagram lewat sticker Stay Home yang diluncurkan sekitar bulan Maret 2020 lalu. Dengan menggunakan sticker ini, para pengguna IG diharapkan tetap seluruh aktivitas di rumah aja.

Untuk cara menggunakan fitur Instagram terbaru tahun 2021 ini sangatlah gampang. Kamu cukup membuat story seperti biasanya, lalu di fitur Edit bakal langsung muncul sticker ini. Kamu bisa membukanya di HP Android maupun iPhone.