Ucapan Selamat Hari Kartini Jadi Trending Twitter

R.A. Kartini. Dok: WIKIMEDIA COMMONS/GPL FDL

Jakarta, Talamedia.id – Media sosial kerap dijadikan tempat mengekspresikan perasaan penggunanya. Pada perayaan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Selasa (21/4/2020), para warganet merayakan perjuangan RA Kartini untuk membangkitkan perempuan Indonesia.

Ucapan Selamat Hari Kartini masuk ke dalam jajaran Trending Topik Twitter Indonesia dengan cuitan sebanyak lebih dari 17 ribu tweet.

Dalam cuitan tersebut, banyak warganet mengenang perjuangan Kartini melalui puisi ataupun kutipan yang pernah dibuat oleh pejuang wanita tersebut.



“Kartini berjuang melalui tulisan, berharap tak lekang oleh zaman, bagai mentari di pagi hari menyinari Bumi tanpa letih. Selamat Hari Kartini #Kartiniday #Kartini,” tulis akun @unguuuw.

“‘Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.’ – RA Kartini. Selamat Hari Kartini, untuk semua wanita Indonesia. Tetaplah menjadi sosok yang tak pernah padam dan selalu bersinar,” cuit @_bernacleboy.

“Mengucapkan Selamat Hari Kartini sah-sah saja, tetapi kalau masih menyakiti wanita ya sama saja bohong. Wanita Indonesia layak untuk dihargai, dihormati, dicintai, disayangi, dan seterusnya sepenuh hati. Paling tidak ingat ibumu, ia salah satu wanita hebat dalam hidupmu,” komentar @yanbudi18.


“Selamat Hari Kartini. Buat kamu wanita hebat, buat kamu wanita kuat, buat kamu wanita tangguh. Kamu hebat sudah bisa bertahan sampai di titik ini. Kamu kuat sudah mau berjuang sejauh ini, dan kamu tangguh meskipun banyak rintangan yang menghalangi,” tambah @oeliaaaaaa.

Seorang warganet dengan akun Twitter @hariprast bahkan mengucapkan Selamat Hari Kartini dengan mengunggah gambar ilustrasi RA Kartini yang memakai baju tenaga medis lengkap dengan masker N95. Ilustrasi tersebut menggambarkan dengan pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi.

Tak hanya itu, cuitan yang masih berhubungan dengan perayaan Hari Kartini yang masuk ke dalam Trending Topik Twitter Indonesia pun mencakup Habis Gelap Terbitlah Terang. Warganet mencuitkan topik tersebut sebanyak lebih dari 1.100 tweet.


“Selamat Hari Kartini. Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain? Wanita Indonesia harus bangga dan menjaga apa yang dimilikinya, bukankah hal sekecil itu dapat meningkatkan ‘derajat’ wanita Indonesia?
Habis gelap terbitlah terang #kartiniday #selamatharikartini,” tulis @Rurur_ID.

“Habis gelap Terbitlah terang. Negeri ini sedang dilanda pandemi. Perang benderang senjata biologi. Di awali kesehatan hingga ekonomi. Hari demi hari bersusah hati. Tapi kami bangsa yang punya ambisi. Agar semua ini dapat dilalui. Melihat kau dan ibu pertiwi kembali berseri,” cuit @RizkiSopyandi.

(clc)